STRUKTUR KESADARAN TOKOH UTAMA DALAM CERITA PENDEK PASTU DAN KEKAYI KARYA OKA RUSMINI: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA

Ade Yunita Irani, Mursalim Mursalim, Dahri Dahlan

Abstract


Psikologi Sastra adalah kajian yang memandang dan menelaah aktivitas kejiwaan di dalam karya sastra. Psikologi Sastra juga merupakan bidang ilmu yang menerapkan hukum-hukum atau kaidah-kaidah psikologi di dalam karya sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aktivitas kejiwaan di dalam karya sastra berupa cerita pendek Pastu dan Kekayi karya Oka Rusmini. Aktivitas kejiwaan yang dimaksud adalah struktur kesadaran di dalam diri manusia yang tergambar di dalam diri tokoh-tokoh karya sastra terserbut sebagai objek penelitian. Struktur kesadaran menurut Carl Gustav Jung terbagi menjadi dua, yaitu fungsi jiwa dan sikap jiwa. Dengan demikian, rumusan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana fungsi jiwa tokoh utama dalam cerita pendek Pastu dan Kekayi karya Oka Rusmini berdasarkan teori Psikoanalitik Carl Gustav Jung? (2) bagaimana sikap jiwa tokoh utama dalam cerita pendek Pastu dan Kekayi karya Oka Rusmini berdasarkan teori Psikoanalitik Carl Gustav Jung? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berfokus pada data-data kualitatif atau bukti-bukti berupa deskripsi dan uraian data. Pendekatan penelitian menggunakan Psikologi Sastra sebagai pemahaman aspek-aspek kejiwaan tokoh rekaan. Data pada penelitian ini adalah fakta-fakta yang terdapat dalam objek kajian berupa kutipan-kutipan yang didapatkan dari hasil membaca dan mencatat. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah interpretasi psikologis. Hasil penelitian yang telah dilakukan berdasarkan struktur kesadaran menurut Carl Gustav Jung adalah sebagai berikut. Pertama, tokoh Cenana pada cerita pendek Pastu cenderung bersifat perasa. Dengan kata lain, ia melakukan dan memikirkan segala sesuatu berdasarkan suka dan tidak suka atau senang dan tidak senang. Sedangkan sikap dan perilaku Cenana cenderung introver, karena ia lebih suka menyendiri dan menilai segala sesuatu berdasarkan pandangan subjektifnya. Kedua, tokoh Kekayi pada cerita pendek Kekayi cenderung memiliki sifat pemikir. Kekayi melakukan sesuatu berdasarkan apa yang baik dan menguntungkan baginya. Sedangkan sikap dan perilaku Kekayi cenderung ekstraversi karena ia cenderung egois dan cenderung memaksa orang lain untuk mengikutinya. Ia memiliki rasa percaya diri yang besar dan memiliki keinginan untuk menjadi pusat perhatian.


Keywords


main character, structure of consciousness, psychology of literature

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 2017. Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .

Endraswara, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra: Teori, Langkah dan Penerapannya. Yogyakarta: MedPress .

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Kritik Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Febriani, Rika. 2017. Sigmund Frued vs Carl Jung: Sebuah Pertikaian Intelektual Antarmazhab Psikoanalisis. Yogyakarta: Penerbit Sociality.

Feist, J., Gregory J. F., dkk. 2017. Teori Kepribadian (Theories of Personality). Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh R.A. Hadwitia Dewi Pertiwi. Jakarta: Salemba Humanika.

Fitriyah, Lailatul dan Mohammad Jauhar.2014. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Harbunangin, Buntje. 2016. Art and Jung: Seni dalam Sorotan Psikologi Analisis Jung. Jakarta: Antara Publishing.

Hariwijaya, M. 2007. Metodologi dan Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Jawa Pos. 2017. Arsip Cerpen. https://klipingsastra.com/id/kekayi.html. (Diunduh pada 06 Juni 2018).

Minderop, Albertine. 2011. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Prawira, Purwa Atmaja. 2013. Psikologi Kepribadian: dengan Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rokhmansyah, A., & Asmarani, R. (2018). Struktur Ketaksadaran Kolektif Tokoh Utama dalam Novel “The Sweet Sins” Karya Rangga Wirianto Putra. Aksara, 30(2), 221–236. https://doi.org/10.29255/aksara.v30i2.321.221-236

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rokhmansyah, A. (2018). Struktur Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel The Sweet Sins Karya Rangga Wirianto Putra. Deiksis, 5(2), 25–36. Retrieved from http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/1139

Rusmini, Oka. 2012. Akar Pule. Jakarta: PT Grasindo.

Septiarini, Tri dan Renni Handayani Sembiring. 2017. “Kepribadian Tokoh dalam Novel Mencari Perempuan yang Hilang (Kajian Psikoanalisis Carl Gustav Jung)”. Jurnal Lingua Volume 12, Nomor 2, Desember 2017. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/humbud/article/download/4279/ pdf (diunduh pada 4 Januari 2019).

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suaka, I Nyoman. 2014. Analisis Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Sumanto. 2014. Psikologi Umum. Yogyakarta: CAPS (Center of Akademic Publishing Service).

Susanto, Dwi. 2015. Kamus Istilah Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wade, Carole dan Carol Tavris. 2007. Psikologi. Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh Mursalin, Padang dan Dinastuti. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Wandira, J., Hudiyono, Y., & Rokhmansyah, A. (2019). Kepribadian Tokoh Aminah Dalam Novel Derita Aminah Karya Nurul Fithrati: Kajian Psikologi Sastra. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 3(4), 413-419.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. 2007. Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v4i2.2664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ade Yunita Irani, Mursalim, Dahri Dahlan

Redaksi Jurnal Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalcalls@fib.unmul.ac.id
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 
Phone: +6287786318599

 

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.