STUDI TENTANG PERAN CAMAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN KENOHAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Sugiarto ., Nur Fitriyah, Adam Idris

Abstract


This research aims to know the role of the head of sub-district  in improving the e-ID cards in Kenohan Sub-district Office Kutai Kartanegara Regency. This research also wants to know the factor that supporting and the factors that restricting the role of the head of sub-district  in improving the e-ID cards in Kenohan Sub-district Office Kutai Kartanegara Regency. This research uses qualitative research methods type descriptive. Analysis tool used is an interactive model of the analysis as presented by Miles and Huberman. 


Full Text:

PDF

References


Anonim. Keputusan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 180.188/HK-537 Tahun 2001, tentang pelimpahaan 12 (dua belas) kewenangan kepada Pemerintah Kecamatan.

_________. Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

_________. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2009 Tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional.

_________. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

_________. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Lampah. Clauwdya M. 2013. Efektivitas Pengawasan Camat dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kecamatan Wenang Kota Manado (Studi tentang Pelayanan Rekam Data e-KTP).

Miles, Matthew B. & Huberman, A. Michael. Saldana, Johnny. 1994. Qualitative Data Analysis, Methods Sourcebook. Jakarta: UI-Press.

Mulyadi, Agus. 2013. Peran Camat dalam meningkatkan pelayanan pembuatan KTP elektorik (e-KTP) di Kantor Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser. e-Journal Ilmu Pemerintahan Unmul.

Nawawi, Hadari. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetatif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Partanto ,Pius A. 2006. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arloka.

Rangkuti, F. 2006. Measuring Costumer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rempowatu, Youlani. 2013. Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik Bidang Pendidikan di Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Governance

Rivai. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Murai Kencana.

Sabardi, Agus. 2008. Manajemen Pengantar. Yogyakarta: STIM YKPM.

Sajangbati, James. 2013. Kepemimpinan Camat dalam Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelayanan E-KTP Di Kecamatan Talawaan Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Governance.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

_________. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v3i4.585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License