HUBUNGAN PENGAWASAN DAN EFEKTIVITAS KERJA PERTANIAN PADA BADAN PENYULUHAN KABUPATEN KUTAI TIMUR

Indah Winarni, Achmad Djumlani, Muhammad Jamal Amin

Abstract


Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas kerja Penyuluh Pertanian dalam pengembangan kelompoktani yang terdapat di wilayah Kabupaten Kutai Timur, yang akan dicoba dikaji hubungannya dengan pelaksanaan pengawasan atas pelaksanaan kegiatan penyuluhan yang diselenggarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dilakukan melalui wawancara dengan 95 responden dan observasi di lokasi penelitian. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi sederhana (Bivariate Correlation) dengan metode Pearson (Product Moment Pearson). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengawasan (X) dan efektivitas kerja Penyuluh Pertanian (Y), dengan koefiesien korelasi 0,366. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang tidak terlalu kuat diantara pengawasan dengan efektivitas kerja. Sedangkan arah hubungan adalah positif karena r positif, berarti semakin tinggi pengawasan maka semakin baik efektivtas kerja Penyuluh Pertanian pada Badan Penyuluhan Kabupaten Kutai Timur. Selanjutnya untuk uji signfikansi koefisien korelasi sederhana (uji t) diketahui nilai signifikasni (0,01<0,05) Ho ditolak, artinya bahwa ada hubungan secara signifikan antara pengawasan dengan efektivitas kerja Penyuluh Pertanian. Karena koefisien korelasi nilainya positif, berarti pengawasan berhubungan positif dan signifikan terhadap efektiitas kerja. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pengawasan berhubungan positif terhadap efektivitas kerja Penyuluh Pertanian pada Badan Penyuluhan Kabupaten Kutai Timur.


Full Text:

PDF

References


Badan Pengembangan SDM Pertanian. 2003. Pengembangan Penyuluh Pertanian Nasional. Departemen Pertanian. Jakarta.

Budiman, Arif. 2000. Teori Pembangunan Dunia Ketiga. Gramedia. Jakarta.

Gibson, Ivancevic dan Donnelly. 1990. Organisasi dan Manajemen : Perilaku, Struktur, Proses. Terjemahan Djorban Wahid. Erlangga. Jakarta.

Gibson, Ivancevich, & James, Donnely. 1996. Organisasi Perilaku Struktur Proses. Jilid Satu. Terjemahan : Nunuk Ardiani. Jakarta: Bina Aksara.

Manullang, M. 2012. Dasar-dasar Manajemen. Cetakan Keduapuluhdua. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Robbins, Stephen P. 1996. Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Alih Bahasa : Handyana Pujaatmaka. Edisi Kedelapan. Prenhallindo. Jakarta.

Slamet, Margono. 2013. Menata Sistem Penyuluhan Pertanian Menuju Pertanian Modern di Era Otonomi Daerah. Makalah Seminar Nasional. Institut Pertanian Bogor. Diakses dari www.margonoipb.files.wordpress.com. pada 10 Juni 2013.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Cetakan Kesatu. Alfabeta. Bandung.

Terry, George R. dan Leslie W. Rue. 2012. Dasar-dasar Manajemen. Penerjemah : G. A. Ticoalu. Cetakan Ketiga Belas. Bumi Aksara. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v3i1.550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License