EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM PINJAMAN MODAL KREDIT BERGULIR UNTUK PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH PADA DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UMKM DI KABUPATEN KUTAI BARAT

Erlinsiana ., Dan Buntu Paranoan, Enos Paselle

Abstract


Dari hasil temuan pada objek penelitian mengenai Kebijakan  Program Pinjaman Modal Kredit Bergulir menunjukkan bahwa secara aplikatif terindikasi cukup efektif. Hal tersebut dapat diketahui dari parameter yang ditetapkan bahwa belum sepenuhnya mendukung proses pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah. Secara aplikatif program pinjaman modal kredit bergulir masih dihadapkan pada persoalan-persoalan teknis dan administratif, sehingga dalam perjalanannya kurang berjalan sebagaimana yang diharapkan. Meski demikian memiliki nilai manfaat yang besar dalam mendukung pelaku usaha mikro, kecil dan menengah dalam mengembangkan usahanya. Kurang optimalnya pelaksanaan program pinjaman modal kedit bergulir di wilayah Kabupaten Kutai Barat disebabkan oleh masih kurangnya sosialisasi terhadap pelaku usaha, terbatasnya sarana dan prasarana operasional untuk mendukung pelaksanaan program, terbatasnya keterampilan dan keahlian pelaku usaha dan aparat pembina di Kabupaten Kutai Barat kurang mampu dalam memanfaatkan sumber daya alam yang potensial.


Full Text:

PDF

References


Anonimus, Undang-undang Nomor 32 dan 33 Tahun 2004, tentang Pemerintahan daerah dan Dana Perimbangan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Indonesia. Jakarta.

______, Peraturan Bupati Nomor 72 tahun 2009 tentang petunjuk Teknis pelaksanaan program pinjaman modal kredit bergulir untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Pemerintah Kabupaten Kutai Barat.

______, Keputusan Bersama Pemerintah Kabupaten Kutai Barat Dengan pihak Bank Pembangaunan Daerah Kaltim Cabang Melak, Melalui keputusan bersama (MoU) nomor 119/496/HK-TU.P/2007 dan Nomor 011/8-5/BPD-MLK/2007 tentang penyaluran modal kredit untuk usaha mikro, kecil dan menengah di wilayah Kabupaten Kutai Barat.

Kuncoro, Mudrajad. 2004. Otonomi dan Pembangunan Daerah, Reformasi, Perencanaan, Strategi dan Peluang. Jakarta: Erlangga.

Mubyarto. 1998. Gerakan Penanggulangan Kemiskinan, Laporan Penelitian di Daerah-daerah. Aditya Media, Yogyakarta.

Rachbini, Didik, J., 1999 Peluang Kemitraan Kawasan dan Pedesaan, dalam Hasan Basri (ed), 1999 Pembangunan Ekonomi Rakyat di Pedesaan Sebagai Strategi Penanggulangan Kemiskinan, PT. Bina Rena Pariwara, Jakarta

Swasono, Sri Edi, 1998, Pendekatan Pemberantasan Kemiskinan, Makalah pada Seminar Nasional HMJP Ekonomi, IKIP Malang

Thoha, Miftah, 2001. Perilaku Organisasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.