FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP EFEKTIVITAS PENYALURAN BANTUAN SOSIAL DI BAGIAN SOSIAL SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KUTAI TIMUR

Muhamad Samsudin, Aji Ratna Kusuma, Suarta Djaja

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penyaluran bantuan dana sosial pada Bagian Sosial Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur.  Pembangunan daerah merupakan bagian integral yang tidak terpisahkan dengan pembangunan nasional secara keseluruhan dalam pelaksanaannya memerlukan pemerataan perencanaan  yang cermat dan tepat  yang didukung oleh dana partisipasi masyarakat. Pemerintah dalam mengembangkan potensi-potensi  yang ada di daerah, telah diatur  dalam RAPBD yang dianggarkan  setiap tahun dalam  hal ini pengaturan  pengeluaran pemerintah  terhadap  hal-hal  yang dianggap perlu dalam pembangunan, salah satunya adalah  pembangunan di bidang ekonomi. Terkait dengan pembangunan ekonomi, yaitu bagaimana peran pemerintah dalam memberdayakan masyarakatnya dengan memberikan bantuan sebagai upaya untuk menumbuhkan perekonomian daerah.


Full Text:

PDF

References


Handayaningrat, Soewarno, 2001, Administrasi Pemerintahan dalam Pembangunan Nasional, Gunung Agung, Jakarta.

Hasibuan, Melayu S.P., 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia, Dasar dan Kunci Keberhasilan, Cetakan Keenam, edisi Revisi, Haji Masagung, Jakarta.

Kaho, Josef Riwu, 2002, Prospek Otonomi di negara Republik Indonesia, Edisi I, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Manullang, M. 2001, Dasar-DasarManajemen. Sinar Harapan. Medan.

Rivai, Veithzal, dan Ahmad Fawzi Mohd. Basri. 2004. Perfomance Appraisal (Sistem yang Tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.