PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KANTOR CAMAT LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (STUDI IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI KUTAI KARTANEGARA NO. 7 TAHUN 2012)

Ilham ., Dan Buntu Paranoan, Enos Paselle

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Pelayanan  Administrasi  Terpadu  Kecamatan  (PATEN di  Kantor Camat Loa Janan Kabupaten Kutai Kartenagara. Fokus penelitian yang ditetapkan meliputi mekanisme pelayanan administrasi terpadu, transparansi petugas dalam memberikan pelayanan, ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan, kedisiplinan aparatur dalam pelayanan, sarana dan prasarana penunjang pelayanan, kerjasama/koordinasi antar petugas pelaksana, dan keramahtamahan aparatur dalam memberikan layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), sebagaimana yang diatur melalui kebijakan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 7 tahun 2012 secara implementatif telah membawa perubahan yang berarti terhadap kualitas layanan. Meskipun secara aplikatif pelayanan administrasi terpadu  belum mencapai hasil yang optimal, tetapi tindakan-tindakan yang dilakukan Camat Loa Janan mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan dan mendapatkan apresiasi masyarakat di wilayah Kecamatan loa Janan. Dengan diterapkan pelayanan administrasi terpadu, semua jenis pelayanan dapat diselesaikan dalam satu pintu (one door service) sehingga para pemakai jasa tidak lagi dihadapkan pada jalur birokrasi yang berbelit-belit dan pengorbanan yang tinggi dan layanan dapat diselesaikan lebih efektif dan efisien. Kurang optimalnya implementasi pelayanan administrasi terpadu,  tidak dibarengi dengan berbagai faktor penunjang diantaranya sumber daya aparatur yang profesional, sarana dan prasarana yang memadai, sikap dan perilaku aparatur yang baik dan kedisplinan aparatur  yang mampu memegang teguh etika profesi.


Full Text:

PDF

References


Anonimus, Undang – undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Lima Bintang. Surabaya

_______, Undang – undang Nomor 25 Tahun 2008 tentang Pelayanan Umum. Indonesia. Jakarta.

_______, Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 1995 tentang Perbaikan dan Peningkatan Mutu Pelayanan oleh Aparatur Negara Kepada Masyarakat. Jakarta.

_______, Keputusan Menteri Pendayagu-naan Aparatur Negara nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyeleng-garaan Pelayanan Publik.

_______, Kepmenpan Nomor 25/M.PAN/ 2/2004 tentang Pedoman Pelayanan Prima. Jakarta.

_______, Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 4 tahun 2010 tentang pelayanan administrasi terpadu kecamatan, Indonesia. Jakarta.

_______, Peraturan Bupati Nomor 7 tahun 2012 tentang Pelayanan Administrasi Terpadu Keca-matan (Paten). Kabupaten Kutai Kartanegara, Tenggarong.

Abdul Wahab, Solichin. 1995, Reformasi Pelayanan Publik, Kajian dari Perspektif Teori Governance, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Ilmu Kebijakan Publik, FIA Universitas Brawijaya Malang.

________, Analisis Kebijaksanan Publik, Teori dan Aplikasinya.

Cetakan II. Danar Wijaya. Brawijaya University Ptress. Malang.

Gasperz , Vincent, (1997) Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa, Penerjemah Sampara Lukman (1999), GM Indonesia, Jakarta.

Kotler, Philip.1995. Marketing Manajemen, Analysis, Planning, Implementation and Control, alih bahasa Hendra Tegus dan Ronny

A.Rusli,1997 New Jersey: A Paramount Communications Company Englewood Cliffs.(hlm.159-177).

Miles, Matthew B. dan A Michel Huberman. 2002 Analisis Data Kualitatif. Cetakan I. UI – Press. Jakarta.

Moenir, H.A.S. 1996. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Cetakan Pertama, Bumi Aksara, Jakarta

Moleong, Lexy, j. 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung..

Osborne, David dan Gaebler. 2000.. Mewirausahakan Birokrasi, Reinventing Government, Transformasi Semangat Wirausaha Ke Dalam Sektor Publik, Penterjemah Abdul Rosyid, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Thoha, Mifftah,2003, Beberapa Aspek Kebijakan Birokrasi. Media Widya Mandala, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v1i3.480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License