Perancangan Sistem Informasi Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pada Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Mulawarman

Putut Pamilih Widagdo, Dyna Marisa Khairina, Hario Jati Setyadi, Islamiyah Islamiyah, Ghalda Melika, Wahyu Kesuma Bakti

Abstract


Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Mulawarman diselenggarakan berdasarkan kurikulum yang disusun agar nantinya lulusan dapat memiliki kemampuan pada pengetahuan, sikap, dan perilaku/keterampilan yang sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan. Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang bertujuan mendorong mahasiswa agar nantinya dapat menguasai berbagai keilmuan yang bermanfaat dalam memasuki dunia kerja. Penyesuaian dan konversi kurikulum program studi sistem informasi dengan kegiatan MBKM sudah merupakan keharusan agar mahasiswa dapat mengikuti kegiatan dengan mudah. Untuk menjamin kegiatan MBKM dapat terdata dengan baik tentunya dibutuhkan sistem informasi yang sesuai untuk mengakomodir kegiatan tersebut. Perancangan sistem informasi MBKM pada program studi sistem informasi ini akan sangat membantu menyelaraskan visi dan misi dengan program MBKM yang dicanangkan oleh kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi tentunya akan memudahkan dalam menyimpan, mendistribusikan dan pengambilan keputusan berdasarkan informasi yang diolah pada sistem informasi. Tujuan penelitian adanya sistem informasi MBKM yang mampu mengolah data-data MBKM Mahasiswa untuk dijadikan informasi yang bermanfaat dalam pengambilan kebijakan strategis dan manajemen di Program Studi Sistem Informasi.

Keywords


Sistem Informasi; MBKM; Program Studi;

Full Text:

PDF

References


K. P. dan Kebudayaan, Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Indonesia, 2021.

P. P. Widagdo, Ramadiani, S. Maharani, and E. Junirianto, “Sistem Informasi Akreditasi Program Studi di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknolgi Informasi Universitas Mulawarman,” Query J. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, p. 14, 2019.

P. P. Widagdo, H. Haviluddin, H. J. Setyadi, M. Taruk, and H. S. Pakpahan, “Sistem Informasi Website Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman,” Pros. SAKTI (Seminar Ilmu Komput. dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 2, pp. 5–9, 2018.

J. Hartono, Analisa Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI, 2010.

M. A. Effendi and B. E. Purnama, “Perancangan Sistem Layanan Informasi Akademik Berbasis Short Message Service,” J. Speed – Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 3, no. 2, pp. 8–17, 2011.

Ramadiani, P. P. Widagdo, and E. Junirianto, “Tracer Study Menggunakan Framework Bootstrap,” in Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 2016, vol. 1, no. 1, pp. 1–7.

A. D.B. Raharja, “Sistem Informasi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Komponen, dan 6 Contohnya,” 2022.

dan T. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” 2022. [Online]. Available: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/. [Accessed: 21-Oct-2022].

K. P. dan Kebudayaan, “Tujuan Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).” [Online]. Available: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/tujuan. [Accessed: 10-Oct-2022].




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jsakti.v4i2.9553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

2nd Floor, Faculty of Computer Science and Information Technology
Jl. Panajam Kampus Gn. Kelua Universitas Mulawarman Samarinda-Kalimantan Timur 75123
Phone: +62 813 31112002 (Haviluddin) +62 811 8207777 (Reza)
E-Mail: jurnal.sakti.fkti@gmail.com; sakti@unmul.ac.id

Creative Commons License
Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jsakti eISSN: 2684-8473 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.