Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru dengan Metode Simple Additive Weighting

Achmad Syafi Zain, Rita Purniawati

Abstract


Penerimaan  siswa   baru   merupakan   salah   satu proses  yang ada  di  instansi pendidikan untuk  menyaring  calon siswa     yang   terpilih   sesuai   kriteria   yang ditentukan. Pada umumnya  proses  penerimaan  siswa  baru  dilakukan  melalui tahap pendaftaran,   seleksi   berkas   dan   penerimaan   siswa. Sistem pendukung  keputusan  ini  dirancang  dengan  metode perangkingan menggunakan Simple Additive Weighting (SAW) normalisasinya menggunakan Interpolasi dan skala. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini  alternatif yang dimaksudkan yaitu yang lulus seleksi penerimaan siswa baru berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perangkingan kandidat yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu calon siswa yang lulus seleksi. Sistem pendukung keputusan penerimaan siswa baru adalah hasil akhir dari penulisan ini, dengan adanya sistem ini dapat membantu pihak sekolah dalam pengambilan keputusan penerimaan siswa baru dengan tepat dan akurat sesuai dengan kriteria yang diinginkan pihak sekolah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jsakti.v2i1.2668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

2nd Floor, Faculty of Computer Science and Information Technology
Jl. Panajam Kampus Gn. Kelua Universitas Mulawarman Samarinda-Kalimantan Timur 75123
Phone: +62 813 31112002 (Haviluddin) +62 811 8207777 (Reza)
E-Mail: jurnal.sakti.fkti@gmail.com; sakti@unmul.ac.id

Creative Commons License
Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jsakti eISSN: 2684-8473 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.