IDENTIFIKASI JENIS DAN KELIMPAHAN MAKROPLASTIK DI WILAYAH PESISIR PANTAI SAMBERA MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA KALIMANTAN TIMUR

Betry Melati Priayu, Mohammad Mustakim, Ghitarina Ghitarina, Mohammad Sumiran Paputungan

Abstract


Plastik merupakan salah satu jenis sampah yang banyak dijumpai di daratan maupun perairan, salah satunya di pesisir pantai. Pesisir merupakan bagian yang menerima zat pencemar yang cukup banyak. Berbagai jenis dan ukuran sampah plastik berserakan di permukaan bahkan di sedimen pantai sehingga menyebabkan ketidakstabilan ekologi dan mengurangi estetika pantai. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan massa, jumlah dan kelimpahan makroplastik di Pantai Sambera. Pengambilan sampel dilakukan pada bulan November 2020 di tiga zona pasang surut; Supratidal, Intertidal, dan Subtidal. Data yang digunakan merupakan data primer yang meliputi hasil pengukuran langsung parameter kecepatan arus dan kelimpahan makroplastik di wilayah pesisir pantai Sambera. Makroplastik yang paling dominan di lokasi penelitian adalah jenis film yang ditemukan sebanyak 69% berupa plastik kemasan dan kantong plastik. Sampel makroplastik yang diperoleh dari seluruh zona penelitian berjumlah 84 item makroplastik dengan berat total 24911 g. Kelimpahan makroplastik tidak mempunyai perbedaan yang signifikan antara jumlah makroplastik pada ketiga zona penelitian (p>0,05).


Keywords


Makroplastik, sampah plastik, polusi, pesisir

Full Text:

PDF

References


Chandra, Budiman. 2006. Pengantar Kesehatan Lingkungan. EGC. Jakarta.

Djaguna A., Pelle, W. E., Schaduw J. N. W., Manengkey H. W. K., Rumampuk N. D. C., Ngangi E. L A. 2019. Identifikasi Sampah Laut di Pantai Tongkaina dan Talawaan Bajo. Jurnal Pesisir dan Laut Tropis. Volume 7 Nomor 3 (2019) : 174-175.

Ismail, Helminuddin dan Abdunnur. (2018). Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Ekowisata Mangrove Di Desa Tanjung Limau Kecamatan Muara Badak. Jurnal AGRIFOR Volume 17 Nomor 2 (2018) : 282.

Kartini. 2020. Kelimpahan Makroplastik dan Mikroplastik pada Sedimen di Muara Sungai Cisadane Kabupaten Tangerang. [Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Mujiarto, Imam. 2005. Sifat dan karakteristik material plastik dan bahan aditif. Jurnal Traksi. Nomor 02, Volume 3, Edisi Desember 2005.

NOAA [National Oceanic and Atmospheric Administration]. 2013. Programmatic Environmental Assessment (PEA) for the NOAA Marine Debris Program (MDP). NOAA. Maryland (US).

Ryan PG, Moore CJ, Van Franeker JA, Moloney CL. 2009. Monitoring the abundance of plastic debris in the marine environment. Philosophical Transactions of the Royal Society B. 364:1999-2012.

Wang, W., Ndungu, A. W., Li, Z. and Wang, J. 2017. Microplastics Pollution in Inland Freshwaters of China : A Case Study in Urban Surface Waters of Wuhan, China. Science of the Total Environment, 575, pp. 1369–1374.

Yonna, D., Fadhilah Aisyah di Prikah., dan Muhammad Arif As’adi. 2020. Identifikasi dan Perbandingan Kelimpahan Sampah Plastik Berdasarkan Ukuran pada Sedimen di Beberapa Pantai Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Jurnal Ilmu Lingkungan. Volume 18 Nomor 2 (2020) : 375-383.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Aquarine



Jurnal Aquarine (JAQ) / ISSN : 2085-9449
Organized by - Mulawarman University
Email : jurnal.aquarine@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Aquarine (JAQ)is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.