ANALISIS KINERJA SIMPANG JALAN UNTUNG SUROPATI–JALAN IR.SUTAMI KOTA SAMARINDA

Rahmad Zubair, Tiopan H. M Gultom, Budi Haryanto

Abstract


Salah satu simpang yang mengalami permasalahan lalu-lintas di Kota Samarinda adalah simpang JalanUntung Suropati-Jalan Ir. Sutami. Pada saat jam sibuk sering terjadi kepadatan lalu lintas. Hal ini terjadikarena Jalan Untung Suropati dan Jalan Ir. Sutami merupakan salah satu jalur utama yang sering dilaluioleh masyarakat Kota Samarinda. Selain itu, cukup banyak volume kendaraan yang melakukan putar arahdisimpangtersebutsehingga menambah titik konflik pada simpang.
Analisis kinerja simpang dilakukan menggunakan MKJI 1997 dan PTVVissim. Dari hasil analisisdiperoleh nilai derajat kejenuhan sebesar 1,27, dan tundaan simpang sebesar 71,43 detik dengan tingkatpelayanan F. Sedangkan untuk hasil simulasi menggunakanVissimdiperoleh tundaan tertinggi 56,27 detikdengan tingkat pelayanan F.
Alternatif perbaikan yang direkomendasikan adalah alternatif 3 yaitu menerapkan pengaturan simpangbersinyal 4 fase dengan penyesuaian geometrik pada simpang Jalan Untung Suropati–Jalan Ir. Sutami.Hasilnya diperoleh derajat kejenuhan tertinggi 0,69, dan tundaan rata-rata untuk seluruh simpang adalah19,94 detik dengan tingkat pelayanan simpang adalah C. Hasil simulasi simpang menggunakanVissim,diperoleh tundaan rata-rata simpang sebesar 18,03 detik dengan tingkatpelayanan B.


Kata Kunci:Simpang,Analisis Kinerja,PTVVissim


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30872/ts.v6i2.9415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Teknologi Sipil