PEMANFAATAN CANGKANG KEMIRI ALEURITES MOLUCCANA (CANDLENUT) SEBAGAI AGREGAT KASAR TERHADAP KUAT TEKAN BETON RINGAN

Heri Sutanto, Fachriza Noor Abdi, Rizky Asdi Kesuma

Abstract


Semakin meluasnya penggunaan beton semakin juga banyak kebutuhan bahan baku pembentuk beton, kerikil yang selama ini diperoleh dari alam cenderung menurun. Hal ini mendorong para peneliti menambahkan bahan – bahan lain yang mempunyai sifat yang sama dengan pembentuk beton dalam campuran beton. Cangkang kemiri yang hanya dikenal menjadi limbah, kurang mendapat perhatian dalam pemanfaatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuat tekan beton maksimal, mengetahui pengaruh cangkang kemiri terhadap kuat tekan beton, mengetahui manfaat dari beton cangkang kemiri dalam dunia konstruksi.
Penelitian ini dimulai dengan pengujian fisis terhadap material penyusun beton dan membuat rancangan adukan beton berdasarkan metode SNI 03-2834-2000 beton normal dan SNI 03-3449-2002 beton ringan. Mutu beton yang direncanakan 20 Mpa, selanjutnya adalah pembuatan benda uji berbentuk silinder dengan ukuran 150 mm x 300 mm sebanyak 36 buah. Agregat kasar disubtitusi dengan campuran 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, dan 25% cangkang kemiri masing – masing sebanyak 3 benda uji. Pengujian kuat tekan beton dilakukan setelah beton berumur 7 dan 28 hari.
Dari hasil pengujian yang dilakukan, didapatkan kuat tekan tertinggi 14,12 Mpa dengan campuran 5% cangkang kemiri, dan terus mengalami penurunan nilai kuat tekan sampai 7,37 Mpa dengan campuran 25%, dibandingkan beton normal terjadi penurun 45 - 71% dari beton normal dengan nilai kuat tekan 25,28 Mpa. Penurunan nilai kuat tekan di pengaruhi oleh kadar air kemiri yang tinggi dan nilai berat jenis cangkang kemiri yang ringan dari pada kerikil. Seluruh beton cangkang kemiri masuk kedalam mutu beton kelas 1, merupakan beton yang berguna untuk pekerjaan-pekerjaan non struktural (tidak mengandung besi) seperti untuk jalan, pondasi kolom, pengecoran lantai bangunan yang tidak terlalu besar, dan lantai halaman.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30872/ts.v5i1.6299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Teknologi Sipil