REAKSI JARAK PEMBAKARAN TERHADAP SUHU PLESTERANDINDING

Masayu Widiastuti, Ery Budiman, Fachriza Noor Abdi

Abstract


Kepadatan bangunan yang ada kadang membawa resiko bencana yang timbul akibat kebakaran yang terjadi. Upaya untuk menghambat resiko tersebut dengan memperhatikan kondisi bangunan dengan memodifikasi terhadap bahan campuran plesteran dinding  menggunakan bahan yang  memiliki karakteristik dapat menghambat rambatan panas dan tahan terhadap bakar api.

Dan dalam penelitian ini dilakukan tinjauan terhadap pengaruh jarak pembakaran terhadap suhu plesteran dinding. Plesteran dinding dibentuk berupa panel yang kemudian diuji bakar. Hasil yang diperoleh bahwa semakin jauh jarak api semakin kecil suhu  pada titik tinjau tersebut. Pada jarak yang sama pengaruh suhu pada varian panel menunjukkan perbedaan suhu, hal tersebut dipengaruhi perbedaan sifat dan karakteristik rambat panas material pembentuknya dalam menghantar panas.

Pada jarak yang sama suhu panas sisi bakar lebih tinggi dibanding sisi belakang titik bakar dan pada awal proses pembakaran terjadi peningkatan suhu pada titik tinjau, seiring bertambahnya waktu pertambahan suhu cenderung menurun.

Full Text:

PDF

References


ASTME119-88,Standard Test Method for fire Tests of Building Constructionand Material,Volume04.07 Building Sealsand Sealants:Fire Standards; Building Constructions, American Societyf or Testing and Material, Philadelphia PA., pp331- 351.

Akmal, Imelda.(2009). Rumah Ide:Kaca dan Fiberglass. Gramedia:Jakarta

Antoni dan Nugraha, Paul. 2007.Teknologi Beton.Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.

Boedi Wibowo dkk,Agustus 2012.” Pengaruh kehalusan pasir terhadap kuat tekan beton”. Jurnal Sipil Volume 10, Nomor 2 .http://www.iptek.its.ac.id/index.php/jats/artic le/view/2667 10 maret2020.

Departemen Pekerjaan Umum. Badan Penelitian Dan Pengembangan PU, Standar Nasional Indonesia, Metode Pengujian Berat Jenis dan Penyerapan Air Agregat Halus. SNI1970:2008

Maksum Tanubrata, 2016, Penjalaran Kebakaran Pada Suatu Konstruksi Bangunan Gedung Akibat Sumber Panas, Jurnal Teknik Sipil Volume 12, Universitas Kristen Maranatha

Nugroho, F.I., 2014, Konduktivitas dan Ketahanan Api Batako Papercrete Sebagai Material Dinding Bangunan,Program Studi Teknik Sipil,Fakultas Teknik Sipildan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

Reni Sulistyowati - Media Komunikasi Teknik Sipil Vol. 13, Okt.2005

Standar Nasional Indonesia.1989. Pemasangan Alat Bantu Evakuasi untuk Pencegahan Bahaya Kebakaran Pada Bangunan Rumah dan Gedung (SNI03-1746-1989). Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/ts.v4i2.5238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Teknologi Sipil