STUDI ANALISIS TEBAL PERKERASAN KAKU RUAS JALAN SIMPANG TBA (PT. TUNAS BERSUSUN ABADI ) – PUSAT PERKANTORAN KABUPATEN MAHAKAM ULU PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Fredrikus Martono Abing, Triana Sharly P. Arifin, Heri Sutanto

Abstract


Sistem jaringan jalan baru menjadi kebutuhan yang tidak dapat terelakan dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk serta transportasi terutama untuk mobilitas penduduk dan kendaraan yang semakin pesat dan tingkat kebutuhan yang semakin tinggi. Perencanaan geometrik dan tebal perkerasan jalan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam perencanaan jalan.

Perencanaan geometrik dan tebal perkerasan ini memerlukan metode efektif dalam perencanaan agar diperoleh hasil yang terbaik dan memerlukan unsur kenyamanan, keamanan dan keselamatan bagi pengguna jalan sehingga metode yang digunakan mengacu pada metode Direktorat Jendral Bina Marga.

Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan pada jalan Simpang TBA (Tunas Bersusun Abadi)  – Pusat Perkantoran Kabupaten Mahakam ulu merupakan jalan kolektor, dengan kelas jalan arteri IIIB dengan medan jalan datar, kecepatan rencana 60 km/jam. Lebar badan jalan 7 m dan panjang jalan 2,9 km. Perencanaan geometrik didapatkan alinyemen horizontal memiliki 6 tikungan SCS dan 3 tikungan SS sedangkan alinyemen vertikal memiliki 4 lengkung cekung dan 4 lengkung cembung. Tebal perkerasan menggunakan perkerasan kaku dengan umur rencana 20 tahun,  tebal pelat beton berdasarkan perhitungan metode Bina Marga 2003 adalah 19 cm, sedangkan berdasarkan metodeAASHTO 1993 adalah 18,8 cm, lapis pondasi dengan bahan pengikat perhitungan metode Bina Marga 2003 yaitu 10 cm sedangkan untuk metodeAASHTO 1993 yaitu 12,5 cm, subgrade (tanah dasar) dengan tanah dasar asli.

Full Text:

PDF

References


AASHTO, AmericanAssosiation of State Highway and Transportation Officials,1993. Guide For Design Of Pavement Structures.

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. 2003.Perencanaan Perkerasan JalanBeton Semen Pd T-14-2003.Jakarta: Dirjen Bina Marga.

Direktorat Jendral Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum., 1997. MKJI, Manual Kapasitas Jalan Indonesia No. 036/T/BM/1997. Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.

Direktorat Jendral Bina Marga, Direktorat Bina Jalan Kota, Departemen Pekerjaan Umum., 1997 Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No. 038/T/BM/1997. Jakarta:Departemen Pekerjaan Umum.

Direktorat Jendral Bina Marga, Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, 2017, Pedoman Manual Perkerasan Jalan Nomor 04/SE/Db/2017. Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.

Hendarsin, Shirley L. 2000. Perencanaan Teknik Jalan Raya. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Nur Laila, Ulfy. 2018. Perencanaan Jalan Dengan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Jalan Rawa Indah Kota Sangatta Provinsi Kalimantan Timur, Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman Samarinda.

Pengelola Tugas Akhir, 2001. Pedoman Penyusunan Laporan Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda.

Saodang, Hamirhan. 2005. Perancangan perkerasan jalan raya. Bandung: Kontruksi Jalan Raya.

Sukirman, Silvia. 2010. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung : Nova.

Suryawan, Ari. 2009. Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement). (CatatanKe-2). Yogyakarta: Beta Offset Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/ts.v4i2.5234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Teknologi Sipil