ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL JL. K. H. WAHID HASYIM II – JL. PADAT KARYA, SAMARINDA, KALIMANTAN TIMUR

Alviasa Ade Setyaningrum, Triana Sharly P. Arifin, Mardewi Jamal

Abstract


Simpang merupakan daerah terjadinya konflik yang dapat menimbulkan kemacetan. Salah satu simpang
di Kota Samarinda yang sering mengalami kemacetan adalah simpang tiga Jl. K. H. Wahid Hasyim II – Jl. Padat
Karya. Simpang ini merupakan simpang tiga tak bersinyal yang cukup padat karena berada dekat dengan kawasan
pemukiman, pertokoan, dan sekolah. Selain itu, pada bahu jalan sepanjang lengan digunakan sebagai lahan parkir.
Analisis kinerja simpang dilakukan menggunakan MKJI 1997 dan program PTV Vissim. Hasil analisis
kondisi eksisiting simpang menggunakan MKJI 1997 diperoleh nilai derajat kejenuhan sebesar 1,44, dan tundaan
simpang sebesar 71,38 detik/smp dengan tingkat pelayanan F. Selanjutnya dilakukan simulasi dengan PTV
Vissim. Penyesuaian terhadap model simulasi dengan kondisi lapangan dengan cara kalibrasi, validasi model
simpang secara trial dan error, mempertimbangkan perilaku pengemudi, serta melakukan uji GEH dan uji MAPE
terhadap volume kendaraan. Hasil analisis menggunakan PTV Vissim diperoleh nilai tundaan simpang sebesar
44,4167 detik/kendaraan dengan tingkat pelayanan simpang E.
Berdasarkan analisis tersebut, untuk mengatasi permasalahan pada simpang tersebut diambil solusi
penanganan dengan merencanakan simpang bersinyal. Perencanaan simpang bersinyal diberikan dengan
pengaturan 2 fase dan 3 fase dengan menggunakan MKJI 1997 dan dilakukan simulasi dengan program PTV
Vissim. Hasil analisis alternatif simpang yang paling baik yaitu simpang dengan 3 fase karena menghasilkan DS
rata-rata simpang sebesar 0,785, tundaan simpang sebesar 32,81 detik/smp dan tingkat pelayanan D, D, dan D
pada masing-masing pendekat. Hasil analisis menggunakan PTV Vissim diperoleh nilai tundaan simpang sebesar
36,89 detik/kendaraan dengan tingkat pelayanan simpang D.

Keywords


Kinerja Simpang, MKJI 1997, PTV Vissim, Tingkat Pelayanan Simpang

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30872/ts.v7i2.13183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Teknologi Sipil : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.