Analisis Pengaruh Perilaku Masyarakat Terhadap Kualitas Air Baku dan Air Minum PDAM Tirta Handayani Gunung Kidul
Abstract
PDAM Tirta Handayani merupakan perusahaan penyedia dan penyalur air pada masyarakat yang
terletak di Gunung Kidul.. Kualitas air baku diketahui dengan membandingkan nilai yang ditetapkan Peraturan
Pemerintah Nomor 22 tahun 2021dan kualitas air minum berdasarkan nilai dari Peraturan Menteri Kesehatan
No 492 tahun 2010. Hasil uji air baku untuk IPA Baron dan Bribin semua parameternya masuk kelas I yang
peruntukannya sebagai air baku air minum. Hasil Uji kualitas air minum IPA Baron dan Bribin menunjukkan
bahwa parameter fisik dan mikrobiologi melebihi kadar yang seharusnya yaitu nilai E.Coli dan Total Coliform
0 pada daerah yang diuji nilai tertinggi mencapai 1200. Perilaku masyarakat sangat berpengaruh pada kualitas
air baku dimana warga Gunung kidul sering mengubur jasad hewan dalam tanah sehingga bakteri dari hewan
yang dikubur itu bisa mempengaruhi kualitas tanah sekitarnya. Air PDAM yang diterima masyarakat masih
berbau amis sehingga mereka memasak airnya lagi untuk menghilangkan bau untuk dikonsumsi tiap hari.
terletak di Gunung Kidul.. Kualitas air baku diketahui dengan membandingkan nilai yang ditetapkan Peraturan
Pemerintah Nomor 22 tahun 2021dan kualitas air minum berdasarkan nilai dari Peraturan Menteri Kesehatan
No 492 tahun 2010. Hasil uji air baku untuk IPA Baron dan Bribin semua parameternya masuk kelas I yang
peruntukannya sebagai air baku air minum. Hasil Uji kualitas air minum IPA Baron dan Bribin menunjukkan
bahwa parameter fisik dan mikrobiologi melebihi kadar yang seharusnya yaitu nilai E.Coli dan Total Coliform
0 pada daerah yang diuji nilai tertinggi mencapai 1200. Perilaku masyarakat sangat berpengaruh pada kualitas
air baku dimana warga Gunung kidul sering mengubur jasad hewan dalam tanah sehingga bakteri dari hewan
yang dikubur itu bisa mempengaruhi kualitas tanah sekitarnya. Air PDAM yang diterima masyarakat masih
berbau amis sehingga mereka memasak airnya lagi untuk menghilangkan bau untuk dikonsumsi tiap hari.
Keywords
Kualitas Air Minum, Air Baku, Perilaku masyarakat
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30872/ts.v7i2.13182
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Teknologi Sipil : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.