ANALISIS PENGARUH POROSITAS TERHADAP UJI KUAT TEKAN UNIAKSIAL PADA BATULEMPUNG DI DESA SRIMULYO PIYUNGAN YOGYAKARTA

Shofina Rizqi Okarinda

Abstract


Uji sifat fisik batuan merupakan pengujian pada batuan untuk diketahui sifat fisik (bobot isi, berat jenis, kadar air, derajat kejenuhan, porositas dan angka pori) dari batuan tersebut. Uji kuat tekan uniaksial ialah bagaimana batuan tersebut bisa bertahan dalam sifat elastisitasnya sebelum runtuh. Uji UCS dilakukan menggunakan alat uji tekan contoh batuan dari satu arah (uniaxial). Kuat Tekan Uniaksial dan sifat fisik merupakan parameter yang menentukan dalam hal rekayasa mekanika batuan salah satunya dalam proyek pertambangan. Kuat tekan uniaksial pada batuan berpengaruh terhadap nilai porositas dan densitas suatu batuan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai porositas, dan pengaruhnya terhadap nilai kuat tekan batuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dilakukan dengan melakukan perhitungan pada uji kuat tekan uniaksial untuk mendapatkan nilai kuat tekannya dan uji  fisik. Didapatkan nilai porositas sebesar 21,44 – 46,22 % dengan rata-rata 38,16 %, dan kuat tekan uniaksial mendapatkan nilai sebesar 16,20 – 30,46 MPa dengan rata-rata 22,29 MPa. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu adanya pengaruh hubungan antara porositas dengan kuat tekan uniaksial, dengan R² 0,9051. Semakin besar porositas dan kadar air yang terkandung, maka akan semakin berkurang kekuatan batuan.


Full Text:

PDF

References


Kevin, D. A., et all .2020. Analisis Pengaruh Porositas Terhadap Uji Kuat Tekan Uniaksil Pada Batu Gamping. Surabaya: Seminar Kebumian dan Kelautan,2(1), 1-6.

Melati, S.,2019. Studi Karakteristik Relasi Parameter Sifat Fisik Dan

Kuat Tekan Uniaksial Pada Contoh Batulempung, Andesit, Dan Beton. Jurnal GEOSAPTA Vol. 5 No.2 Juli 2019. Pages 133-139.

Rai, M.A., et all ,2014. Sifat Fisik dan Mekanik Batuan Utuh, Mekanika Batuan. Laboratorium Geomekanika dan Peralatan Tambang Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Sugiyono,2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung : Alfabe




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtm.v10i2.9596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.