Analisis Kestabilan Longsoran Baji Pada Lereng Batupasir, Daerah Kecamatan Loa Janan Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur

Muhammad Ilham, Tommy Trides, Koeshadi Sasmito, Revia Oktaviani, Sakdillah S, Henny Magdalena, Lucia Litha Respati

Abstract


Pengaruh bidang kekar sangat mempengaruhi kestabilan pada suatu lereng batuan. Keberadaan bidang-bidang kekar tersebut dapat menjadi bidang gelincir pada suatu jenis longsoran sehingga lereng batuan dapat mengalami pergerakan. Pada penelitian ini analisis longsoran baji dilakukan pada lereng batupasir dengan tinggi 20,57 meter dengan sudut kemiringan lereng 66˚ dan terdapat 33 bidang kekar yang saling memotong.

Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni dengan melakukan pengukuran dilapangan dengan menggunakan metode scanline untuk mengukur bidang-bidang kekar pada sepanjang pita ukur. Analisis stereografis dilakukan pada penelitian ini untuk menentukan jumlah set orientasi bidang kekar dan analisis faktor keamanan dilakukan dengan menggunakan metode analitik.

Hasil analisis yang dilakukan pada lokasi penelitian terdapat 33 bidang kekar dengan jumlah 3 set kekar. Analisis kinematika dengan metode stereografis menunjukkan bahwa potensi longsoran yang dapat terjadi adalah longsoran baji. Analisis kestabilan pada lereng batupasir menunjukkan bawah faktor keamanan longsoran baji sebesar 15,79 dalam hal ini lereng batupasir dapat dinyatakan dalam keadaan stabil.


Keywords


kekar, longsoran baji, batupasir, faktor keamanan

Full Text:

41-46 PDF

References


Hoek, E., & Bray, 1981, J.W., Rock Slope Engineering, 3rd Ed., The Institution of Mining and Metallurgy, London.

Noor,Djauhari. 2009. Pengantar Geologi Edisi Pertama. Bogor: Fakultas Teknik Unpak.

Wyllie,D.C., Mah, C.W. 2004. Rock Slope Engineering 4th Edition. London : Spon Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtm.v9i2.6962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.