Kajian Mine Drainage Menggunakan Distribusi Gumbell Serta Pengukuran Kualitas Air PT. Semen Padang Provinsi Sumatera Barat

Muhammad Tri Widodo, Muhammad Agri Fnalta, Jarot Wiratama

Abstract


Aktivitas pertambangan tambang PT. Semen padang meliputi proses perintisan, pembersihan lahan, pengupasan tanah penutup, pembersihan area pengeboran, peledakan, pemuatan dan pengangkutan, peremukan, conveying dan storage. Data curah hujan yang akan terjadi tidak dapat diprediksi atau diperkirakan. Tujuan dari penulis ialah untuk mengetahui hasil penyajian data menggunakan distribusi gumbell sebagai acuan penentuan desain saluran terbuka di tambang serta pemantauan pengukuran kualitas air tambang PT. Semen padang. Data yang digunakan selama sepuluh tahun (2011-2020). Berasal dari data curah hujan milik tambang PT. Semen padang. Dari hasil perhitungan menggunakan metode mononobe didapatkan Intensitas curah hujan selama 1 jam sebesar 74,27124881928 mm/jam. Luasan catchment area masing-masing area yaitu 8,58 Ha, 8,86 Ha, dan 14,17 Ha, didapat besaran debit rencana CA I sebesar 1,417 m³/s, CA II 1,645 m³/s Dan CA III 2,634 m³/s. hal ini dapat menghitung dimensi pada 3 area tersebut dengan bentuk saluran terbuka trapesium. Pemantauan dan pengukuran kualitas air ini dilakukan untuk mengetahui outlet air yang dikeluarkan telah sesuai dengan baku mutu lingkungan yang berlaku akan tetapi masih terdapat sedimentasi diarea drainase batugadang hasil penambangan pasir masyarakat sedikar, perlu dilakukan pengendalian terhadap drainase batugadang agar tidak mencemari kembali air sungai batang idas tersebut.


Full Text:

25-32 PDF

References


Gautama, R. S. (1999). Sistem Penyaliran Tambang. Institut Teknologi Bandung.

Hendratmoko, I. (2006). Diktat Kuliah Sistem Penirisan Tambang. Jurusan Teknik Pertambangan, Universitas Trisakti.

Ramadhani, S. (2015). Perencanaan Pemompaan Tahun 2016 di pit B PT. Mifa Bersaudara.

Suripin. (2004). Sistem Drainage Perkotaan yang Berkelanjutan. Jakarta.

Syarifuddin, W. S. (2017). Kajian Sistem Penyaliran Pada Tambang Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan.

Verrina, G. D., & Dkk. (2013). Analisa Run Off pada Sub DAS Lematang Hulu. Fakultas Teknik Sipil Dan Lingkungan, Universitas Sriwijaya., Volume No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtm.v9i2.6680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.