ESTIMASI CADANGAN BATUBARA TERTAMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRIANGULAR GROUPING PADA PIT 6 PT ARINI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Harold Bombang, Muh. Dahlan Balfas, Tommy Trides

Abstract


Dalam dunia pertambangan, perhitungan cadangan merupakan hal yang paling penting menentukan dalam kegiatan eksplorasi. Hasil perhitungan cadangan batubara dibutuhkan untuk mengevaluasi nilai ekonomis dari sebuah kegiatan penambangan yang akan direncanakan. Pengamatan data yang mendasar dalam perhitungan cadangan adalah sesuai dengan tingkat dan ketelitian dalam mengambil data. Oleh karena itu, agar kegiatan penambangan dapat dilakukan dengan mudah maka diperlukan software Mincom Minescape 4.118 yang dapat mempermudah dalam perhitungan dan permodelan. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini yaitu menghitung cadangan batubara dengan metode Triangular Grouping. Pada penelitian ini perolehan batubara didapat dengan menghitung jumlah volume yang terdapat diantara dua permukaan, floor batubara dan permukaan, dalam bentuk triangle. Hasil yang didapatkan adalah cadangan batubara sebesar 1,479,671 MT dan volume tanah penutup sebesar 5,193,067.70 BCM dengan nilai stripping ratio 3.51 : 1. Pada penelitian ini, meskipun tidak menggunakan metode model blok, atau dalam minescape disebut dengan batterblok, namun peneliti membuat pembagian jumlah cadangan menjadi beberapa blok, yang dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk melakukan scheduling produksi dan menentukan target produksi.


Keywords


Triangular Grouping, Cadangan, Overburden, Stripping Ratio

Full Text:

28-35 PDF

References


Arif, Irwandi. 2014. Batubara Indonesia. Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Standar Nasional Indonesia, 2011 (5015:2011). Klasifikasi Sumberdaya dan Cadangan Batubara.

Sukandarrumidi, 2011, Pemetaan Geologi, Yogyakarta: Penerbit Gadjah Mada, University Press.

Waterman, S. 2010. Perencanaan Tambang. Anugerah Print. Yogyakarta.

Anggana, Komang., Syafrizal., & Agus

Haris W. 2005. Diktat Kuliah TE-4211 Eksplorasi Batubara. Institut Teknologi Batubara. Bandung.

Notosiswoyo, Sudarto., Syafrizal Lilah., Muhammad Nur H., & Agus Haris W. 2005.

Diktat Mata Kuliah Metode Perhitungan Cadangan TE-3232. Institute Teknologi Batubara. Bandung.

Hartman L. Howard and Mutmansky M. Jan. 2002. Introduction Mining Engineering 2nd Edition. USA.

Hustrulid, W., Kutcha, M., and Martin R. 2013. Open Pit Mine Planning and Design Volume 1-Fubdamentals 3rd Edition. CRC Press/Balkema. Rotterda. Brookfield.

Suyono dan Winanto, M., 2010, Buku Panduan Praktek Tambang Terbuka 2010, Yogyakarta: Teknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta.

Fakultas Teknik-Unmul, 2014, Panduan Tugas Akhir, Skripsi, dan Praktek Kerja Lapangan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtm.v8i1.3981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.