GEOLOGI DAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK DAERAH BAHAYA BANJIR DENGAN METODE AHP DI DESA BANGUN REJO KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG, KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR

Hamzah Umar, Muhammad Dahlan Balfas, Dewi Arum Pertiwi, Fajar Muhammad Iqbal

Abstract


Banjir merupakan genangan air yang mengalir deras dengan ketinggian melebihi batas normal. Pada saat banjir akan menggenangi sebagian besar daratan yang biasanya tidak tergenangi air. Ketika musim hujan tiba, sebagian wilayah mengalami banjir curah hujan yang tinggimerupakan salahsatu faktor penyebab banjir. daerah yang sering mengalami banjir antara lain pantai, daerah dataran banjir, daerah sepadan sungai, daerah cekungan. Pada daerah penelitian didapatkan daerah aman, rawan, sangat rawan dengan metode AHP serta memanfaatkan SIG (Sitem Informasi Geografis) untuk analisis secara spasial. Parameter banjir yang digunakan antara lain Curah hujan, litologi, kemiringan lereng, tutupan lahan, jarak sungai, Elevasi. Dengan klasifikasi bahaya banjir wilayah yang termasuk daerah aman memiliki luas 11.866 m 2 menempati 38,93 % pada peta, yang termasuk daerah rawan memiliki luas 13.242 m 2 menempati 43,44% pada peta, dan yang termasuk daerah sangat rawan memiliki luas 5.370 m2 menempati 17,61% pada peta.

Keywords


Banjir; metode AHP; Sistem Informasi Geografis (SIG); parameter banjir

Full Text:

PDF

References


Budi Yanto, Eko, 2005. Sistem Informasi Geografis Menggunakan ARC VIEW GIS. Yogyakarta: Andi.

Fadhil Muhammad Faris, dan Oktaviani Nahra Syafira. 2019 Pemetaan Wilayah Rawan Banjir Menggunakan Metode Spatial Multi-Criteria Evaluation (SMCE) di Sub DAS Minraleng, Kabupaten Maros. Seminar Nasional Penginderaan Jauh ke-6.

Pandega A.K dan Hastuti .E.W.D. 2019. Analisis Potensi Banjir Berdasarkan Metode AHP Daerah Sumber Jaya Dan Sekitarnya,Kabupaten Oku Selatan, Perovinsi Sumatra Utara. Dalam: Seminar Nasional AVoER XI 2019 Palembang.

Widiawaty & Dede Moh. 2018. Pemodelan Sepasial Bahaya Dan Kerentanan Bencana Banjir Di Wilayah Timur Kabupaten Cirbon. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana Vol. 9, No. 2 Tahun 2018 Hal. 142-153.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtg.v4i1.6483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.