GEOLOGI DAN ANALISIS KESTABILAN LERENG DENGAN MENGGUNAKAN METODE BISHOP SIMPLIFIED DAERAH TANAH MERAH KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Heriyanto ., Resty Intan Putri, Laurensius Pian Pasiakan, Agus Salim

Abstract


Secara administratif daerah penelitian terletak di Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian berupa pemetaan geologi guna mengetahui kondisi geologi, struktur geologi dan geomorfologi serta penyelidikan geoteknik berupa penentuan nilai faktor keamanan (FK) pada daerah penelitian. Adapun metode perhitungan faktor keamanan menggunakan metode bishop simplified dengan kriteria keruntuhan Hoek-Brown. Parameter yang diperlukan dalam penyelidikan geoteknik yaitu jenis batuan, unit weight, GSI, mi,faktor gangguan, uji kuat tekan serta geomteri lereng. Sampel yang digunakan berjumlah 8 sampel dengan litologi batupasir, batubara dan batulempung Dari hasil pemetaan geologi, terdapat 3 satuan batuan yaitu Batupasir Tanah Merah, Batulempung Tanah Merah, dan Endapan Alluvial. Satuan bentuk lahan daerah penelitian memiliki 2 bentuk lahan yaitu, bentuk lahan perbukitan terkikis (D1) , dan bentuk lahan dataran alluvial (F1). Daerah Penelitian dikontrol oleh struktur geologi berupa lipatan dan kekar. Daerah penelitian terletak pada sayapan lipatan. Arah gaya yang bekerja pada daerah penelitian berada pada arah tenggara-barat laut. Dari hasil penyelidikan geoteknik berupa perhitungan kestabilan lereng pada daerah penelitian diperoleh nilai faktor keamanan (FK) 2,526. Dengan demikian, berdasarkan nilai faktor keamanan (FK) maka disimpulkan lereng termasuk ke dalam kategori stabil.

Keywords


Endapan Alluvial; Faktor Keamanan; Metode Bishop Simplified; Faktor Keamanan; Perbukitan Terkikis; Unit Weight

Full Text:

PDF

References


Arief Saifudin.2007.Analisis Kestabilan Lereng.Inco Soroako.

Balfas MD.2015.Geologi Untuk Pertambangan Umum.Yogyakarta(ID):Graha Ilmu.

Cloke IR.,Moss SJ.,Craig J.1998.Structural Controls On The Evolution Of Kutai Basin,East

Kalimantan.Journal of Asian Earth Sciences Vol17 Page 137-156.

Eveny, ON.2011.Perbandingan Metode Bishop, Janbu dan Spencer Dalam Perhitungan Stabilitas Lereng Pada Batuan Tuff [skripsi].Universitas Pembangunan Nasional "Veteran".

Goodman Richard E.1989.Rock Mechanic Second Edition.Canada:Departement John Willy & Sons.

Hoek, E., 2000,Practical Rock Engineering, Rockscience, London.

Hoek, E., and Bray, J.W., 1981, Rock Slope Engineering, 3th Edition, Civil And Mining4th Edition, London.

Hoek, E., and Brown, E.T., 2002, A Brief History of The Development of The Hoek-Brown failure criterion, Acessed Trought The Program Roclab.

Hoek, E., Carranza, and Corkum, B. 2002, Hoek Brown Failure Criterion., Acessed Trought The Program Roclab.

Sasmito, Koeshadi., Rindawati, Puspa Indah., Pradana, Septian Ade., Andika, Bukit. 2018. Analisis Lingkungan Pengendapan Dengan Metode Analisis Granulometri Daerah Tanah Merah Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Jurnal Teknik Geologi: Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Vol. 1 No. 1, hal. 15-26 Universitas Mulawarman.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtg.v2i1.6463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.