GEOLOGI DAN STUDI STRUKTUR GEOLOGI BERDASARKAN CITRA SATELIT DAERAH MUANGLAMA, KECAMATAN SAMARINDA UTARA, KOTA SAMARINDA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Heriyanto ., Hamzah Umar, Collin Pangeran, Ali Shodiqin

Abstract


Penafsiran  geologi  melalui  citra  satelit  merupakan  suatu  kegiatan  analisis  yang  didasarkan kepada kenampakan permukaan bumi, sedangkan informasi geologi dapat diketahui berdasarkan hubungan antara geologi dengan objek gambar yang tidak lain adalah hasil radiasi dan emisi energi elektromagnetik. Interpretasi citra, gambar, atau foto adalah sebuah kegiatan menganalisis foto yang dihasilkan dari suatu alat dengan tujuan untuk mengidentifikasi suatu objek dan peran dari objek tersebut.

Studi struktur dengan berbasis citra diawali dengan analisis visual kelurusan pada komposit citra band 567 yang masing-masing band telah dikoreksi radiometrik, kemudian di tumpang tindih dengan data kelurusan yang diperoleh secara otomatis. Data kelurusan otomatis juga digunakan untuk menentukan arah tegasan utama pada daerah penelitian. Kemudian dari hasil analisis dilakukan  pembuktian  dilapangan  untuk  menentukan  mana  data  kelurusan  yang merupakan struktur geologi.

Struktur geologi pada daerah Muanglama di pengaruhi oleh tegasan utama berarah barat laut- tenggara dibuktikan dengan hasil dari ekstrasi kelurusan otomatis dan juga di perkuat dengan tegasan utama regional.


Keywords


Muanglama Lempake; Samarinda; Citra satelit

Full Text:

PDF

References


Ananda. P.A. Aplikasi Penginderaan Jauh Untuk Identifikasi Sebaran Batubara Permukaan di Kabupaten Muara

Enim, Sumatera Selatan

Arum Tjahjaningsih dkk, 2015. Litbang Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Untuk Identifikasi Sumberdaya Geologi.

Jakarta : LAPAN

Bachtiar, A., Kurniawan, E., dan Widodo, K.S., 2003. Regional Kutai Basin and Mahakam Delta Field Trip, Guide Book, PT. GDA Daya Ayfedha.

Balfas, Muhammad Dahlan. Geologi Untuk

Pertambangan Umum: Graha Ilmu

Buku Panduan Praktikum Struktur Geologi.

Laboratorium Geologi dan Survey Fakultas Teknik Universitas Mulawarman:2016

Bakaruddin, W., Utama, D., Desa Warnana.,

, Penggunaan citra satelit landsat-8 untuk analisa patahan pada lapangan panas bumi, in Proceeding, ISSN 2301-6752

McClay, K., Dooley, T., Ferguson, A., Poblet, J., 2000. Tetctonic Evolution of

Sanga-sanga Block, Mahakam Delta, Kalimantan Indonesia. American Association of Petroleum Geologist Bulletin. V.84, Halaman

- 786.

Noor, Djauhari. 2012. Pengantar Geologi.

Bogor: Universitas Pakuan. Nugroho, U. C., dan Susanto. 2015.

Ekstraksi Kelurusan (Lineament) Secara Otomatis Menggunakan DEM SRTM Studi Kasus : Pulau Bangka. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan MAPIN XX, vol 1,

- 780

Satyana, A.H., Nugroho, D., Surantoko, I.,

Tectonic controls on the hydrocarbon habitats of the Barito, Kutei, and Tarakan Basins, Eastern Kalimantan, Indonesia: major dissimilarities in adjoining basins, Journal of Asian Earth Sciences.

Suharini, E., Palangan, A., 2015, Geomorfologi : Gaya, Proses dan Bentuk Lahan, Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Supriatna S., Sukardi R., Rustandi E., 1995, Peta Geologi Lembar Samarinda, Kalimantam Timur, Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Saryanto, H., "High Temperature Oxidation Behavior of Fe80Cr20 Alloys Implanted with Lanthanum and Titanium Dopant" Master Thesis, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, Malaysia, 2011.

Supriatna S., Sukardi R., Rustandi E., 1995, Peta Geologi Lembar Samarinda, Kalimantam Timur, Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Yanuarsyah, Iksal, 2017. Integrasi Data Inderaja dan Data Geologi untuk Mendukung Eskpolari Tambang Emas.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtg.v1i1.6418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.