ESTIMASI SUMBERDAYA BATUBARA SEAM 4 PT. YUF KALIMANTAN KECAMATAN KENOHAN, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Muhammad Dahlan Balfas, Heriyanto ., Iswan Arsidi, Humam Hanafi

Abstract


Perhitungan sumberdaya batubara merupakan hal dasar yang harus dilakukan dalam setiap kegiatan tambang, hal tersebut merupakan awal yang nantinya akan digunakan sebagai kajian dalam tahapan selanjutnya (eksploitasi). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kompleksitas geologi daerah penelitian, mengetahui pola sebaran lapisan batubara, dan mengetahui besaran sumberdaya tereka, tertunjuk, dan terukur pada seam 4 PT. Yufa Kalimantan, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Berdasarkan data geologi regional daerah penelitian, termasuk ke dalam Formasi Balikpapan yang berumur Miosen Tengah sampai Miosen Akhir dan Endapan Aluvium yang berumur Holosen.

Metode yang digunakan dalam perhitungan sumberdaya batubara adalah metode Circular USGS. Data yang digunakan yaitu data pemboran sebanyak 12 titik bor, data geologi regional daerah penelitian, dan data koordinat izin usaha pertambangan (IUP). Data hasil pemboran yang telah didapatkan kemudian diolah menggunakan rumus perhitungan Volume dan Tonase Batubara, yaitu dengan mengalikan tebal rata-rata seam batubara dengan luas sumberdaya batubara, sehingga diperoleh hasil volume sumberdaya tereka sebesar 17.011.515,70 m3, volume sumberdaya tertunjuk 8.356.656,17 m3, dan volume sumberdaya terukur 2.663.942,77 m3, kemudian dikalikan dengan densitas batubara yaitu 1,3 ton/ m3. Estimasi sumberdaya tereka dengan radius 500 m diperoleh Tonase sebesar 22.114.969,11 ton, Tonase sumberdaya tertunjuk 10.863.653,02 ton, dan Tonase sumberdaya terukur sebesar 3.463.125,61 ton.


Keywords


Estimasi; Sumberdaya; Batubara; Metode Circular USGS

Full Text:

PDF

References


Adrian, Deddi. 2017. Identifikasi Sebaran dan Estimasi Sumberdaya Batubara Menggunakan Metode Poligon Berdasarkan Interpretasi Data Logging Pada Lapangan "ada" Sumatera Selatan. Universitas Lampung : Bandar Lampung.

Allen, G.P. and Chambers. J. L.C, 1998, Sedimentation in the Modern and Miocene Mahakam Delta, Indonesian Petroleum Association Proceeding, Jakarta, Indonesia.

Atmawinata, S, dkk. Peta Geologi Muara

Ancalong, Kalimantan. 1995

Badan Standarisasi Nasional 5015:2011, 2011, Klasifikasi Sumberdaya dan Cadangan Batubara, Rancangan Standarisasi Nasional Indonesia

Balfas, Muhammad Dahlan, 2015. Geologi Untuk Pertambangan Umum: Graha Ilmu

Bryanco, Byma, dkk. Estimasi Sumberdaya Batubara Menggunakan Metode Penampang dan Geostatistik pada Area DDU Blok Timur Site Sungai Cuka, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. UNP : Padang.

Budiman, Agus, Ardianto, dkk. Estimasi Sumberdaya Batubara dengan Metode Circular USGS pada PT. Tuah Globe Mining Kalimantan Tengah. UMI: Makassar.

Deyana, Tamara, Ismiqha, dkk. Sebaran dan Perhitungan Cadangan Batubara pada PT. Haswi Kencana Indah Tambang Semambu, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. Unpad: Bandung.

Geology Survey Circular 891, 1983, Coal Resource Classification System of USGS, USGS

Hengky VM, Radolf. 2012. Geologi dan Geometri Lapisan Batubara Daerah Jawera, Distrik Teluk Arguni Bawah, Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. UPN: Yogyakarta.

Jeremic, M. L., 1985, Strata Mechanics In Coal Mining, A.A. Balkema Publs. Rotterdam. (hal. 21-27,

Komisi Sandi Stratigrafi Indonesia, 1996, Sandi

Stratigrafi Indonesia, Jakarta: IAGI.

Made, Ni, YM. 2012. Perhitungan Sumberdaya Batubara Berdasarkan Data Logging dan Pemboran di Kecamatan Lawang Kidul Sumatera Selatan.Universitas Lampung: Bandar Lampung

MSI. Mengenal Kualitas Batubara (1). Dikutip dari https://minelog-services.com/mengenal- kualitas-batubara-1. 27 Oktober 2019

MSI. Mengenal Kualitas Batubara (2). Dikutip dari https://minelog-services.com/mengenal- kualitas-batubara-2 . 27 Oktober 2019

Muchjidin, 2006. Pengendalian Mutu dalam

Industri Batubara. ITB: Bandung.

Sukandarumidi, 1995, Batubara dan Gambut, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Tambaria, Theodora, Noely, dkk. Studi Perhitungan Sumberdaya Batubara pada Lapisan Hanging Seam dan Seam Utama dengan Metode Circular di Daerah Townsite dan Sekitarnya, Tan}ung Enim, Sumatera Selatan. Undip:Semarang.

Wood, G.H., Kehn, T,M., Carter, M.D. and Culbertson, W.C., 1983., Coal Resource Classification System of the U.S. Geological Surv

Zuidam, R. A van, and Zuidam C., 1985, Terrain Analysis am Classification Using Aerial Photographs A Geomorphological, Approach ITC, Textbook.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtg.v1i1.6416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.