KONSEP BERBURU BATU AKIK SEBAGAI GEOWISATA BERBASIS EDUKASI GEOLOGI DI DESA SAWAHAN, KECAMATAN PONJONG, KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Wahyu Ardiansyah Nugraha, Widyawan Nur Muhammad

Abstract


Desa Sawahan terletak di Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul. Pada daerah tersebut, tersingkap batuan dari tiga formasi, yakni retas dasit dan breksi vulkanik Formasi Mandalika, batuan piroklastik Formasi Semilir, serta batugamping Formasi Wonosari. Keindahan perbukitan karst dan keterdapatan batu akik, yakni jasper atau yang umum dikenal sebagai batu pancawarna, menambah kekayaan geologi pada daerah tersebut. Kondisi geologi yang unik ditambah dengan keindahan geomorfologi menjadikan daerah tersebut dapat dikembangkan sebagai kawasan geowisata yang berbasis edu-wisata. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang dilakukan melalui observasi lapangan yang meliputi keragaman geologi dan kondisi sosio-masyarakat. Hasil observasi lapangan menunjukkan bahwa keterdapatan jasper dapat berupa fragmen breksi vulkanik dan berupa singkapan batuan in-situ. Selain itu, didapatkan pula agate, kalsedon, dan kuarsa botyroidal yang menambah keberagaman batu akik di sana. Keterdapatan jasper pada daerah tersebut telah dimanfaatkan secara terbatas oleh masyarakat lokal dan dapat dikembangkan menjadi lokasi geosite untuk berburu jasper dan batu akik lainnya yang berbasis edukasi. Pengembangan prospek geowisata pada daerah tersebut akan memberikan dampak positif kepada sosio- ekonomi masyarakat sekitar.


Keywords


Ponjong; Jasper; Eduwisata; Geowisata; Berburu mineral

Full Text:

PDF

References


Barianto, D. H., Margono, U., Husein, S. Novian, M.I. (2017) Peta Geologi Lembar Wonosari (1408- 31). Geological Research and Development Center, Bandung.

Fadlin, F., & Kusumo, R. J. (2015). Studi Genesa Dan Karakteristik Bahan Galian Jasper “Badar

Besi” Daerah Kalirejo, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah. Retii.

Kostov, R. I. (2006). Review of the mineralogical systematics of jasper and related rocks. Geology and Mineral Resources, 13, 9, 8-12.

Kubalikova, L. Geomorphosite Assessment for Geotourism Purposes. Liberec. Department of Geography, Faculty of Education, Technical University in Liberec, Czech Republic. 2013.

Nuraini, F., & Pramono, H. (2013). Kajian Karakteristik Dan Potensi Kawasan Karst Untuk Pengembangan Ekowisata Di Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul. Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian, 11(1).

Pramitha, F. (2017). Studi Karakteristik Mineral Dan Genesa Jasper Di Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Setiyabudi, E., Trihascaryo, A., Koesbarditi, T., Suriyanto, R. A., & Murti, D. B. Geoconservation of Vertebrate and Human Ancient Fossils Site, The South TulungagungArea East Java. Jurnal Geologi dan Sumberdaya Mineral, 20(4), 187-197.

Surono, B. T., Sudarno, I., & Wiryosujono, S. (1992). Geology of the Surakarta Giritontro Quadrangles, Java. Geological Research and Development Center, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtgeo.v5i2.5461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.