PEMETAAN RISIKO LIKUIFAKSI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN WEIGHTED OVERLAY DI KOTA PALU, SULAWESI TENGAH

Dewi Mirah Rezki

Abstract


Kota Palu, Sulawesi Tengah merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang pernah mengalami likuifaksi. Likuifaksi adalah fenomena ketika tanah kehilangan kekuatan akibat adanya perubahan tegangan secara mendadak. Likuifaksi di Kota Palu disebabkan karena wilayah yang didominasi oleh aluvium, serta tanah yang jenuh air akibat adanya gempa bumi. Likuifaksi di Kota Palu menyebabkan rusaknya infrastruktur dan menimbulkan korban jiwa. Atas dasar tersebut, maka dibuat peta risiko bahaya likuifaksi Kota Palu. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah peta administrasi dan populasi, peta produktivitas air tanah, peta jenis batuan, peta rawan gempa, peta kedalaman air tanah, dan peta umur batuan.   Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mengetahui bobot prioritas dari parameter yang  digunakan.  Lalu  digunakan  Metode  Weighted  Overlay  pada  perangkat  lunak  pengolah SIG  untukmenggabungkan peta secara tumpang susun berdasarkan bobot prioritas yang telah didapat. Sehingga diketahui zona bahaya likuifaksi Kota Palu yang dibagi menjadi 5 kelas, yaitu kelas risiko likuifaksi sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Peta tersebut diharapkan dapat memberikan informasi mengenai wilayah yang berpotensi mengalami likuifaksi di Kota Palu. Peta ini juga diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan keefektifan manajemen mitigasi bencana, serta dapat dijadikan pertimbangan pemerintah dalam melakukan pengembangan nasional.


Full Text:

PDF

References


ANONIM. 2010. Pengelolaan Kota dan Upaya Pengurangan Resiko Bencana di Kota Palu. BAPPENAS, Jakarta

BNPB.2018. Informasi Kebencanaan Bulanan Teraktual. Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta

Hall, R. & Wilson. M. E. J. 2000. Neogene Sutures in Eastern Indonesia. Journal of Asian earth Sciences. 18, 781-808.

Husna, A., Marwantho, A., Misbahudin, Toriq, Rusdi.(2017).Analisis Kerentanan Longsoran Menggunakan Proses Hirarki Analitik di Daerah Sukatani dan Sekitarnya, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Jurnal Lingkungan dan Bencana Geologi, Vol. 8 No. 1, April 2017: 19 -30.

Irsyam M, dkk. 2010. Peta Zonasi Gempa Indonesia. Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta

Putra Santosa, D. P., Dwi Hadian, M. S., & Zakaria, Z. (2021). Hydrostratigraphy And Aquifer Geometry In, Palu Groundwater Basin, Central Sulawesi Province After Earthquake. JURNAL SUMBER DAYA AIR, 17(1), 25–38. https://doi.org/10.32679/jsda.v17i1.695

Widyaningrum, R.2012.Penyelidikan Geologi Teknik Potensi Likuifaksi Daerah Palu, Provinsi Sumalesi Selatan. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtgeo.v6i1.12204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.