Prototipe Wastafel Otomatis Berbasis Arduino dan Sensor Ultasonik

Maden Nolis Nani Manukalo, Mochammad Bagas Prabowo, Muhaidin Muhaidin, Muhammad Fathur Rahman

Abstract


Mikrokontroler merupakan sebuah sistem komputer yang seluruh atau sebagian besar elemennya dikemas dalam satu chip IC, sehingga sering disebut single chip microcomputer. Mikrokontroler merupakan sistem komputer yang mempunyai satu atau beberapa tugas yang sangat spesifik, berbeda dangan PC (Personal Computer) yang memiliki beragam fungsi. Perbedaan lainnya adalah perbandingan RAM dan ROM yang sangat berbeda antara komputer dengan mikrokontroler. Pada prototipe wastafel otomatis berbasis arduino dan sensor ultrasonik ini sangat membantu kehidupan manusia dalam aktivitas sehari-hari. Prototipe yang dirancang berbasis mikrokontroler Atmega328 pada Arduino Uno telah diuji dengan menggunakan sensor ultrasonik pada jarak objek sejauh 50 cm. Sistem telah berfungsi dengan baik dengan memberi respon relay agar menyalakan solenoid valve untuk membuka aliran air ketika terdeteksi objek kurang dari 50 cm dan sistem juga memberi respon kepada solenoid valve untuk menutup aliran air saat tidak ada objek yang terdeteksi dalam jangkauan sensor ultrasonik sejauh kurang dari 50 cm.


Keywords


Arduino, Sensor Ultrasonik, solenoid valve, relay

Full Text:

PDF

References


S. Muddin, F. Rahman, S. Syahruddin, R. Rahmawati, “Perancangan Keran Air Wudhu Otomatisasi Berbasis Mickrontroler,” ILTEK: Jurnal Teknologi, vol. 14, no. 2, pp. 2095-2099, Oct. 2019.

R. R. Hasrul, “Rancang Bangun Prototipe WC Pintar Berbasis Wemos D1R1 Yang Terhubung Pada Android,” SainETIn: Jurnal Sains, Energi, Teknologi, dan Industri, vol. 5, no. 2, pp. 51-59, 2021.

M. Zarkasi, S. B. Mulia, M. Eriyadi, “Performa Solenoid Pada Valve Alat Pengisian Air Minum Otomatis,” Jurnal Elektra, vol. 3, no. 2, pp. 53-60, 2018.

A. P. Zanofa, R. Arrahman, M. Bakri, A. Budiman, “Pintu Gerbang Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino UNO R3,” Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 22-27, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/electrops.v1i1.9377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Lisensi Creative Commons
All publications by ELECTROPS: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
are licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.