Analisis Layanan Kualitas Jaringan 4G di Kota Pekanbaru dengan G-Net Track

Fitri Farida, Sindi Nurhaliza

Abstract


Provinsi Riau khususnya kota Pekanbaru merupakan salah satu kota padat penduduk dan merupakan pusat jantungnya riau. Padatnya penduduk di pekanbaru berdampak pada komunikasi dan teknologi yang sangat dibutuhkan saat ini. Salah satu komunikasi yang diperlukan berupa jaringan internet. Dipekanbaru telah memiliki jaringan 4G (LTE) dimana teknologi komunikasi jaringan generasi keempat ini dapat diukur kualitasnya dengan metode drive test. Metode drive test adalah metode yang digunakan untuk pengukuran kualitas jaringan di wilayah atau daerah tertentu dengan mengunakan transportasi. Perkembangan teknologi pada smartphone menjadikan drive test dapat dilakukan menggunakan aplikasi G-Net Track.  Pada penelitian ini dibuat data hasil drive test secara pergerakan sehingga data dapat diakses pada handphone langsung. Proses umum dari sistem ini adalah proses analisa port dari handphone dan GPS, yang kemudian data diambil dari handphone yang berisi data level daya dan parameter lainnya atau data dari GPS yang merupakan data posisi. Dari hasil pengukuran dan riset, dapat dilihat kualitas panggilan yang baik dengan nilai rata-rata parameter yaitu RSRP (-87 dBm), RxQual (-0.96), Drop Call Rate (1,51%), Block Call Rate (1,91%), CSSR (98,1%), dan SCR (96,50%).


Keywords


drive test, 4G, G-Net Track, level, teknologi

Full Text:

PDF

References


L. Kleinrock, "An early history of the internet [History of Communications]," in IEEE Communications Magazine, vol. 48, no. 8, pp. 26-36, August 2010.

N. M. E. P. Astiti, I. A. L. Dewi, N. M. A. E. D. Wirastuti, “Implementasi Teknologi 4G LTE di Indonesia,” in PROSIDING CSGTEIS 2013, June 2015.

I. Gemiharto, “Teknologi 4G-LTE dan Tantangan Konvergensi Media di Indonesia,” Jurnal Kajian Komunikasi, vol. 3, no. 2, p. 212, Dec. 2015.

L. Wardhana, B. F. Aginsa, A. Dewantoro, I. Harto, G. Mahardhika dan A. Hikmaturokhman, 4G Handbook Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: www.nulisbuku.com, 2014.

I. P. D. K. Pramulia, P. K. Sudiarta, and G. Sukadarmika, “Analisis Pengaruh Jarak Antara User Equipment Dengan eNodeB Terhadap Nilai RSRP (Reference Signal Received Power) Pada Teknologi LTE 900 MHz,” Jurnal SPEKTRUM, vol. 2, no. 3, 2015.

R. Efriyendro, Y. Rahayu, “Analisa Perbandingan Kuat Sinyal 4G LTE Antara Operator Telkomsel dan XL AXIATA Berdasarkan Paramater Drive Test Menggunakan Software G-NetTrack Pro Di Area Jalan Protokol Panam,” Jom FTEKNIK, vol. 4, no.2, Oct. 2017.

D. Y. Haq, “Optimalisasi dan Simulasi Jaringan 4G LTE di Area Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,” Yogyakarta, 2017.

A. Sugiharto and I. Alfi, “Komparasi Performa Jaringan Antara Penyedia Layanan Seluler 4G LTE Di Area Kota Yogyakarta,” Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, vol. 11, no. 1, p. 73, May 2019.

Nurhasanah, 2017 “Measurement of SINR (Signal Noise Interference Noise to Ratio) and RSRP (Reference Signal Received Power) on 4G LTE Area Surakarta,” Jurnal ICT Akademi Telkom Jakarta, vol. 8, no. 15, Nov. 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/electrops.v1i1.9375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Lisensi Creative Commons
All publications by ELECTROPS: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
are licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.