Prototipe Sistem Kendali dan Pemantauan Alat Listrik Rumah Berbasis Internet of Things (IoT) Menggunakan Aplikasi Blynk

Muhammad Hablul Barri, Brahmantya Aji Pramudita

Abstract


Perkembangan teknologi yang sangat pesat beberapa tahun belakangan ini menimbulkan banyak sekali penemuan penemuan yang baru terutama dalam bidang IoT (Internet of Things), IoT Merupakan inovasi terbaru yang dimana semua benda dan perabotan rumah dapat digunakan secara optimal dan diatur melalui smartphone, pada penelitian kali ini peneliti menggunakan modul NodeMCU ESP8266 sebagai mikrokontroler dan juga Blynk sebagai aplikasi atau alat monitoring. Sistem ini terdiri dari pengendali lampu dan juga pengukur tegangan. Terdapat satu sensor pada penelitian kali ini yaitu ZMPT101B yang berfungsi sebagai sensor yang mengukur tegangan. Selain itu dalam penelitian kali ini menggunakan relay sebagai penghubung lampu dengan sistem. Dari hasil penelitian lampu dapat dinyalakan hingga sejauh 10 meter dan dari hasil pengukuran sensor tegangan dihasilkan tegangan sebesar 229-230 V.


Keywords


IoT, sistem, tegangan

Full Text:

PDF

References


S. Kumar, P. Tiwari, and M. Zymbler, “Internet of Things is a revolutionary approach for future technology enhancement: a review,” Journal of Big Data, vol. 6, no. 1, Dec. 2019.

Kurniawan, “Purwa Rupa IoT (Internet Of Things) Kendali Lampu Gedung (Studi Kasus pada Gedung Perpustakaan Universitas Lampung),” digilib.unila.ac.id, Aug. 10, 2016. http://digilib.unila.ac.id/23922/ (accessed Nov. 28, 2022).

F. Masykur and F. Prasetiyowati, “Aplikasi Rumah Pintar (Smart Home) Pengendali Peralatan Elektronik Rumah Tangga Berbasis Web,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 1, p. 51, Mar. 2016.

Y. Liu, B. Qiu, X. Fan, H. Zhu, and B. Han, “Review of Smart Home Energy Management Systems,” Energy Procedia, vol. 104, pp. 504–508, Dec. 2016.

Z. Abidin, S. I. Lestariningati, “Sistem Keamanan dan Monitoring Rumah Pintar Secara Online Menggunakan Perangkat Mobile,” Jurnal Teknik Komputer Unikom – Komputika, vol. 3, no. 2, pp. 13-17, 2014.

M. Asro Laili, Sumiati, and A. Triayudi, “Pendekatan NodeMCU dan Apps Blynk Berbasis Android untuk Sistem Monitoring Keamanan Kendaraan Motor,” JSiI (Jurnal Sistem Informasi), vol. 9, no. 2, pp. 119-125, Sep. 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/electrops.v1i1.9374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Lisensi Creative Commons
All publications by ELECTROPS: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
are licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.