Rancang Bangun Prototipe Sistem Rumah Pintar dengan Menggunakan Kombinasi Multisensor Berbasis Mikrokontroler

Muhammad Rifaldi, ‘ Aisyah, Sintiany Dewi Ratna Sari, Hendrik Delly Ardian

Abstract


Perkembangan teknologi yang pesat di era industri 4.0 telah memberikan banyak manfaat dalam kemajuan diberbagai aspek kehidupan. Salah satunya ialah pada aspek kontrol dan monitoring. Banyak sarana yang dirancang secara otomatis dan terintegrasi untuk membantu manusia dalam hal monitoring dan kontrol, contohnya adalah rumah. Rumah merupakan aset terpenting yang dimiliki oleh manusia.  Secara umum rumah digunakan sebagai tempat beristirahat dan berlindung. Rumah dapat dirancang untuk sistem otomasi yang berhubungan dengan aktivitas pengendalian dan pemantauan rumah dalam suatu teknologi atau yang dikenal dengan “smart home”. Model smart home yang dirancang pada penelitian ini dikendalikan oleh mikrokontroler Arduino Uno. Mikrokontroler mendeteksi output dari kombinasi sensor yang terpasang pada setiap tempat. Tanggapan mikrokontroler terhadap output kombinasi sensor yang digunakan adalah berupa tampilan pada LCD, suara buzzer dan LED. Sistem akan bekerja otomatis ketika setiap sensor yang digunakan untuk mendeteksi adanya input yang sesuai dengan fungsi sensor tersebut. Adapun sensor yang digunakan pada penelitian ini adalah sensor DHT11 yang digunakan untuk mendeteksi suhu, kelembapan ruangan serta kecepatan suara, sensor MQ-2 untuk mendeteksi kadar asap dan gas, sensor PIR untuk mendeteksi keberadaan seseorang, sensor HC-SR04 untuk mendeteksi jarak, sensor Flame untuk mendeteksi adanya api, dan sensor Soil Moisture untuk mendeteksi kadar kelembapan tanah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe Smart Home yang dibuat dapat bekerja dengan baik sesuai dengan rancangan.


Keywords


Smart Home, Mikrokontroler Arduino, Kombinasi Sensor

Full Text:

PDF

References


D. Kurnianto, A. M. Hadi, dan E. Wahyudi, “Perancangan Sistem Kendali Otomatis Pada Smart Home Menggunakan Modul Arduino Uno,” JNTE, vol. 5, no. 2, pp. 260-270, Jul 2016.

E. S. Rahayu dan R. A. M. Nurdin, “Perancangan Smart Home Untuk Pengendalian Peralatan Elektronik Dan Pemantauan Keamanan Rumah Berbasis Internet Of Things,” Jurnal Teknologi, vol. 6, no. 2, pp. 136–148, Jul. 2019.

Junaidi dan Y. D. Prabowo, Project Sistem Kendali Elektronik Berbasis ARDUINO, Bandar Lampung: AURA CV. Anugrah Utama Raharja, 2018.

A. E. Kurniawan, M. W. Kasrani, dan A. A. B, “Perancangan Prototype Alat Pendeteksi Kebocoran Gas LPG Berbasis Arduino Uno R3 Dengan Modul SIM800L DAN ESP8266 Sebagai Media Informasi,” Jurnal Teknik Elektro Uniba (JTE Uniba), vol. 4, no. 2, pp. 47–53, Feb. 2020.

D. Desmira, D. Aribowo, W. D. Nugroho, dan S. Sutarti, “Penerapan Sensor Passive Infrared (PIR) Pada Pintu Otomatis di PT LG Electronic Indonesia,” PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, vol. 7, no. 1, Mar. 2020.

P. S. Frima Yudha dan R. A. Sani, “Implementasi Sensor Ultrasonik HC-SR04 Sebagai Sensor Parkir Mobil Berbasis Arduino,” EINSTEIN e-JOURNAL, vol. 5, no. 3, Jan. 2019.

M. Irsyam dan A. Tanjung, “Sistem Otomasi Penyiraman Tanaman Berbasis Telegram,” SIGMA TEKNIKA, vol. 2, no. 1, p. 81, Aug. 2019.

A. Zarkasi, S. A. Saprian, dan Novriansyah, “Implementasi Monitoring Real Time Suhu Dan Kelembaban Jarak Jauh Berbasis IOT,” Annual Research Seminar (ARS), vol. no. 1, 2019.

K. Kusnandar, N. K. H. Dharmi, and D. A. Pratika, “Rancang Bangun Alat Prototipe Pendeteksi Kebakaran dengan Android Melalui Internet of Things,” Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu dan Aplikasi Teknik, vol. 18, no. 1, p. 17, Jul. 2019.

S. Sutono and A. Nursoparisa, “Perancangan Sistem Kendali Automatisasi Control Debit Air pada Pengisian Galon Menggunakan Modul Arduino,” Media Jurnal Informatika, vol. 11, no. 1, p. 33, Mar. 2020.

M. C. Anwar, D. Andika, M. Walid, Hozairi, “Smart Home Menggunakan Perintah Suara Dan Sensor LDR Berbasis Arduino Dan Android,” Seminar Nasional Humaniora & Aplikasi Teknologi Informasi (SEHATI), Oct 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/electrops.v1i1.9309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Lisensi Creative Commons
All publications by ELECTROPS: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
are licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.