Analisis Konsumsi Energi Aplikasi Belanja Online pada Smartphone
Abstract
Penggunaan smartphone yang semakin populer di berbagai kalangan masyarakat dikarenakan perangkat ini menyediakan beragam fitur yang dapat digunakan kapan dan dimana saja. Akan tetapi, perangkat ini mengalami beberapa keterbatasan termasuk kapasitas penyimpanan dan waktu pakai baterai yang singkat karena pengurasan energi yang meningkat saat menjalankan aplikasi yang memerlukan komputasi intensif pada perangkat seluler. Aplikasi e-commerce atau belanja online merupakan salah satu aplikasi internet yang banyak digunakan. Oleh karena itu, dilakukan studi analisis konsumsi energi aplikasi belanja online yang populer di pasar Indonesia antara lain Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak berbasis smartphone. Pengukuran konsumsi energi menggunakan aplikasi Accubattery. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsumsi energi dengan aplikasi belanja online, serta menganalisis konsumsi energi dari aplikasi belanja online. Hasil penelitian menunjukkan hubungan konsumsi energi dan aplikasi belanja online dapat dilihat berdasarkan ketiga kondisi yang digunakan, yaitu peningkatan konsumsi energi dipengaruhi oleh pengguna aplikasi belanja online yang melakukan aktivitas dalam aplikasi. Kemudian, jenis akses internet yang digunakan juga mempengaruhi dimana data seluler lebih banyak mengonsumsi energi daripada Wi-Fi. Selain itu, penggunaan pada waktu tertentu juga sedikit berpengaruh pada konsumsi energi, meskipun tidak sebesar pada konsumsi energi berdasarkan kondisi aktivitas dan jenis akses internet. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa aplikasi Blibli memiliki rata-rata konsumsi energi terendah pada keseluruhan kondisi di antara kelima aplikasi belanja online yang diuji dalam penelitian ini, konsumsi terendahnya ketika menggunakan akses internet Wi-Fi pada penggunaan idle sesi 1 sebesar 0,0547 Wh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Newzoo, “Top Countries by Smartphone Penetration and Users,” 2022. https://newzoo.com/resources/rankings/top-countries-by-smartphone-penetration-and-users (accessed Jun. 18, 2023).
D. Mehrotra, R. Srivastava, R. Nagpal, and D. Nagpal, “Multiclass Classification of Mobile Applications as Per Energy Consumption,” J. King Saud Univ. - Comput. Inf. Sci., vol. 33, no. 6, pp. 719–727, 2021.
P. K. D. Pramanik et al., “Power Consumption Analysis, Measurement, Management, and Issues: A State-of-the-Art Review of Smartphone Battery and Energy Usage,” IEEE Access, vol. 7, pp. 182113–182172, 2019.
Chuzaimah, Mabruroh, and F. N. Dihan, “Smartphone : Antara Kebutuhan Dan E-Lifestyle,” semnasIF, vol. 1, p. E-315, 2010.
D. A. Harahap and D. Amanah, “Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus,” JRMSI - J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 9, no. 2, pp. 193–213, 2018.
iPrice, “The Map of E-commerce in Indonesia,” 2023. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/ (accessed Mar. 13, 2023). [4] A. Charlesworth, Internet Marketing: A Practical Approach. Routledge, 2009.
S. Tarkoma, M. Siekkinen, and E. Lagerspetz, Smartphone Energy Consumption: Modeling and Optimization. Cambridge University Press, 2014.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/electrops.v3i2.16567
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

All publications by ELECTROPS: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
are licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.