ANALISIS BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAST COST ANALYSIS (Studi Kasus : REHABILITASI GEDUNG SEKOLAH MAN 1 SAMARINDA)

Julian Ma’ruf, Tamrin Rahman, Ery Budiman

Abstract


Terkadang dalam pelaksanaannya di lapangan ada beberapa pekerjaan yang hasil dari penyelesaiannya tidak sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan. Diperlukan upaya pengendalian efektif tentang manajemen pelaksanaan pada proyek. Pengendalian efektif yang dimaksud adalah tugas manajer proyek memanfaatkan kemajuan teknologi dan metode-metode tentang  analisis biaya dan waktu proyek tanpa mengurangi mutu proyek. proyek rehabilitasi gedung sekolah man 1 samarinda dipilih untuk studi kasus karena pada pengendalian proyek ini menggunakan kurva S yang hanya terfokus di dalam bobot dan durasi pekerjaan. Sehingga proyek tersebut dapat ditingkatkan dalam memantau dan mengendalikan proyek menggunakan metode optimalisasi biaya dan waktu. Penelitian ini menggunakan metode Critical Path Method (CPM), proses ini dimulai dengan mencari lintasan kritis melalui program Microsoft Project 2013, percepatan dilakukan untuk mendapatkan cost lope dan total cost, kemudian metode Least Cost Analysis digunakan untuk mendapatkan perubahan biaya dari penambahan tenaga kerja. Data yang diperlukan adalah RAB, daftar analisa harga satuan pekerjaan, jadwal waktu pelaksanaan, laporan mingguan dan gaji pegawai/ karyawan. Percepatan dilakukan dengan melakukan penambahan tenaga kerja 25 % dari tenaga kerja normal.  Berdasarkan data serta hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan jumlah kegiatan kritis yang diperoleh adalah 37 kegiatan dari 110 kegiatan proyek dengan durasi normal proyek adalah 154 hari. Durasi yang diperoleh setelah dilakukan percepatan dengan metode Least Cost Analysis yaitu 134 hari dengan waktu percepatan sebesar 20 hari atau efisiensi waktu proyek sebesar 12,99 %. Biaya optimal yang diperoleh setelah melakukan percepatan dengan penambahan tenaga kerja yaitu sebesar Rp. 5,747,730,881.04. dari biaya normal sebesar Rp. 5,805,066,666.67 maka diperoleh efisiensi biaya sebesar Rp. 57,335.785 atau 1%.
 
Kata Kunci : Cost Slope, Least Cost Analysis, Pengendalian Efektif, Critical Path Method (CPM ) Tenaga Kerja , Total Cost

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.