Perancangan Aplikasi Informasi Jarak Terdekat Praktek Dokter Spesialis di Samarinda

Firnawan Azhari Hasman, Edy Budiman, Rosmasari Rosmasari, Andi Tejawati, Hario Jati Setyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat menampung setiap profil dokter spesialis di kota samarinda dan lokasi terdekatnya dengan memanfaatkan Google Maps API, Tujuan penelitian tersebut dapat dicapai melalui pemanfaatan GPS pada smartphone dan teknologi mobile Android yang dimiliki hampir disetiap lapisan masyarakat.. Untuk membangun aplikasi informasi jarak terdekat praktek dokter spesialis ini digunakan IDE Android Studio. Dalam pembangunan aplikasi ini menggunakan metode rapid application development(RAD) dikarenakan metode tersebut tidak memerlukan waktu yang lama dan kodingan yang panjang saat pembuatan aplikasi tersebut. Hasil pengujian perangkat Android menunjukan aplikasi yang dibuat dapat berjalan lancar dan cocok pada versi 6.0 keatas dengan aspek rasio layar 16:9. Dari hasil sampling telah di Analisa bahwa keakurasian aplikasi dalam hal pengukuran jarak lokasi dari pengguna ke lokasi dokter tidak memiliki perbedaan yang besar antara lokasi dokter yang sebenarnya dan lokasi dokter yang telah di input secara manual melalui database.

Keywords


GPS, Android Studio, Database, Google Maps

Full Text:

PDF

References


Hakiem, N. (2017) ‘Pengembangan Aplikasi Mobile Academic Information System ( AIS ) Berbasis Android Untuk Pengguna Dosen dan Mahasiswa.

Android Studio. (2019). Mengenal Android Studio.

Google Company: Our history in depth’ (2016). Available at: google.co.uk.

Sagirani, T., Wardhanie, A. P. and Wahyuningtyas, N. (2017) ‘Mobile Aplikasi Golink Apps Untuk Kemudahan Aksesibilitas Terhadap Pelayanan Abk’, Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika

Anugrah Sandi (2017) ‘Mengenal Apa itu Web API’.

Setyadi, H. J. (2018). Aplikasi Tombol Bantuan Keamanan Kampus Universitas Mulawarman Samarinda Berbasis Mobile Android. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat INDEKS (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi), 2(2), 63-68.

Pandawa, D. A., Dengen, N., & Setyadi, H. J. (2019). Aplikasi “U-FO Unmul” Sebagai Media Informasi Berbasis Android (Studi Kasus: Universitas Mulawarman). Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI), 3(2), 172-180.

D. Malik and v. Rosalina, “tradisional berbasis android menggunakan metode,” jsii - j. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 12–19, 2019.

Djong, c. d., Meolbatak, e. m., & ngaga, e. (2018). Aplikasi praktek dokter anak berbasis android pada apotik panacea kota kupang. Sintech (science and information technology) journal, 1(2), 108 - 113. Https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v1i2.302.

Seputro, S., Tolle, H., & Brata, K. (2018). Pengembangan Aplikasi Mobile Location Based Service Berbasis Android Untuk Pencarian Lokasi Rumah Sakit Di Kota Malang Berdasarkan Asuransi Kesehatan Dengan Metode Agile System Development. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(1), 781-791. Diambil dari http://jptiik.ub.ac.id/index.php/jptiik/article/view/4225.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.