Analisis QOS Jaringan 4G Dengan Menggunkan Aplikasi Wireshark (Studi Kasus : Tepian Samarinda, Taman Samarinda, dan Taman Cerdas)

Herman Adi Saputra, Pohny Pohny, Gubtha Mahendra Putra, Edy Budiman, Reza Wardhana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi kecepatan jaringan data seluler Telkomsel, Tri, dan XL di Tepian Samarinda, Taman Samarinda, dan Taman Cerdas dengan menggunakan parameter Quality of Service (QOS) untuk menghasilkan suatu informasi berupa Troughput, Packet Loss, Delay, dan Jitter. Dalam melakukan analisis ini menggunakan aplikasi tools Wireshark untuk mendapatkan parameter QOS. Dari hasil analisis, data yang diperoleh selama proses penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melihat indeks parameter delay di jaringan Telkomsel, Tri, dan XL menggunakan standard penilaian, delay jaringan menurut standar THIPON masuk dalam kategori sangat baik / buruk stabil, selain itu hasil rata-rata variabel Jitter yang dihasilkan saat melakukan pengujian panggilan, sesuai dengan skala indeks menurut standar THIPON provider, dan masuk kategori kualitas jitter baik. Jitter menunjukkan kualitas suara yang dihasilkan, semakin besar jitter maka suara yang dihasilkan akan terputus-putus pada sisi penerima.

Keywords


THIPHON, Quality of Service, Troughput, Packet Loss, Delay, Jitter, Wireshark

Full Text:

PDF

References


Wulandari, R. (2016). Analisis QoS (Quality of Service) Pada Jaringan Internet (Studi Kasus : UPT Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon - LIPI). J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., 2, 162–172.

Y. Rahayu, E. M. (2017). Analisis Performa Jaringan Telkomsel di Kota Samarinda. J. REKAYASA Teknol. Inf., 1, 188–193.

Towidjojo R. Mikrotik Kungfu Manajemen Bandwidth Kitab 3. Jakarta: Penerbit Jasakom; 2016.

Lipu RK. Analisis Quality of Service Video Streaming Berbasis Web. 2013.

http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/3918/2/T1_672008118_Full text.pdf.

Pipit Wulandari, Sopian Soim, Mujur Rose (2017) Monitoring dan analisis qos (quality of service) jaringan internet pada gedung kpa politeknik negeri sriwijaya dengan metode drive test

Gumenta Sari Mahanani (2016) Analisi dan pengujian di jaringan 3G dan 4G dalam layanan Quality Of Services (QoS

Atiqoh, Umi .2010. Implementasi Antena Undirectional Dalam Jaringan USB 3G Modem Untuk Meningkatkan Quality Of Services (QoS). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Hartien, Siwi Novita. 2011. Pengujian Dan Analisis Tranmisi Dan Dengan Modem Jaringan GSM dan CDMA. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Wisnu K, Adrianus dan Ardi Darmawan. 2007. Artikel Internet Faktor dan Perkembangannya Universitas Indonesia.

Wibowo W, Arie dan Sigit Haryadi. 2006. Artikel User Quality of Service pada Jaringan EDGE. Departemen Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.