Pengurutan dan Pengelompokan Divisi Hasil Penerimaan Calon Karyawan Menggunakan Metode F-AHP dan K-Means

Taufiqurrahman Taufiqurrahman, Rheo Malani, Abdul Najib

Abstract


Seiring berkembangnya SMK Negeri 7 Samarinda maka upaya meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat terus dilakukan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memilih tenaga Tata Usaha yang berkompeten yang dapat menyesuaikan dengan visi dan misi SMK Negeri 7 Samarinda, namun terdapat kendala yang muncul dalam penerimaan dengan calon karyawan tata usaha tersebut, salah satunya adalah jumlah pelamar kerja yang cukup banyak maka penentuan peserta calon karyawan Tata Usaha akan menjadi sulit dan memperlama proses penyeleksian, pengurutan sampai pengelompokan divisi bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi. Untuk mengatasi masalah ini, perlu adanya sistem pengurutan dan pengelompokan divisi hasil seleksi penerimaan karyawan Tata Usaha pada SMK Negeri 7 Samarinda, dengan menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) dapat diketahui bobot masing-masing kriteria, serta metode K-Means sebagai pengelompokan divisi hasil seleksi. Dengan adanya sistem pengurutan dan pengelompokan divisi ini dapat memudahkan kepala Tata Usaha SMK Negeri 7 Samarinda dalam menentukan karyawan yang sesuai bobot kriteria yang ada.

Keywords


pengurutan; pengelompokan; F-AHP; K-Means

Full Text:

PDF

References


Astria Hijriani, Ady Candra, Novi Hardiansyah, dan Tubagus Riki Andrian, “Analisis dan Perancangan Perekrutan Karyawan dengan Metode AHP pada Sistem Berorientasi Services Studi Kasus Usaha jasa Services Kendaraan”, Lampung, 19-20 November 2013.

A. Friska, “Penentuan Penerima Bantuan Dana untuk Ssekolah Menengah di Kab. Banjar Menggunakan Metode AHP-TOPSIS dengan Pendekatan Fuzzy”, No. 1, vol. 8. Unlam Kab. Banjar, 2016.

Ahmad Faiso, M, Aziz Muslim, dan Hadi Suyono, “Komparasi fuzzy AHP dengan AHP pada Sistem Pendukung Keputusan Investasi Properti”, vol. 8, Jurnal EECCIS, 2014.

Agustin Sri Mardiana, I Ketut Eddy Purnama, dan Surya Sumpeno, “Penentuan Nominasi Calon Peserta Program Penyiapan Calon Kepala Kepala Sekolah Menggunakan Metode K-Means Pengelompokaning Berbasis Weka”. Surabaya, ITS.

The Radio, 2017. Implementasi manual pengelompokaning dengan metode K-Means [Online] Available at: http://radiobagbag.blogspot.co.id/2016/01/untuk-post-ketiga-kali-ini-saya-akan.html [Accessed 11 November 2017]

Fitrah Khairul, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Raskin Menggunakan Metode Algoritma K-Means dan F-AHP (studi Kasus Desa Penyasawan)”, Pekanbaru, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2013.

Haryansyah, Endik Novianto, dan Eviana Tjautur Putri, “Analisa Pengawasan Studi Mahasiswa Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Pengelompokaning K-Means Sebagai Bahan Evauasi Akademik”, Yogyakarta, 8 Februari 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.