Network Attached Storage (NAS) Menggunakan Desktop PC

Muhammad Jamil Asshiddiq, Abdul Rachman Manga, Farniwati Fattah

Abstract


Seiring berkembangnya teknologi, kebutuhan akan media penyimpanan yang berkapasitas besar dan akses yang cepat sangat dibutuhkan baik itu pada perangkat smartphone maupun komputer praktis. Network Attached Storage (NAS) merupakan perangkat penyimpanan yang terhubung langsung ke jaringan komputer sehingga kita dapat mengaksesnya melalui jaringan komputer lokal ataupun internet. Perangkat NAS yang tersedia di pasar sangatlah mahal seperti Intel NUC Mini PC, Synology Disk Station, WD Cloud dan masih banyak lagi perangkat serupa yang mana fungsinya sama dan bisa di implementasikan di PC yang sudah ada. Penelitian yang dilakukan akan menguji bagaimana performa dari Desktop PC yang difungsikan sebagai NAS Server. Dengan Open Media Vault (OMV) dapat dibangun sebuah sistem layaknya server yang dimiliki oleh perusahaan besar, namun penerapannya relatif sederhana serta rendah biaya sehingga dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk pemakaian pribadi atau bagi pelaku bisnis kecil dan menengah.

Keywords


Network Attached Storage (NAS); File Distribution; Penyimpanan Cadangan; Backup Storage

Full Text:

PDF

References


A. R. Shrivastava axnd J. Gadge, “Home server and NAS using raspberry pi,” 2017 Int. Conf. Adv. Comput. Commun. Informatics, ICACCI 2017, vol. 2017– Janua, pp. 2270–2275, 2017.

D. W. Kuntani, H. N. Palit, A. Noertjahyana, and K. Petra, “Implementasi dan Evaluasi Private Cloud di Laboratorium Komputer,” Fak. Teknol. Ind. Univ. Kristen Petra, 2014.

R. Husain, “Overview and Features of Generic Security Protocols for Cloud Computing Environment,” no. 1, pp. 17–20, 2016.

B. N. A. Pangesti, “Analisa Kecepatan Transfer Data Pada Perancangan Hotspot Sederhana Dengan Sistem Single Sign On Di Perkantoran,” Fountain Informatics J., vol. 2, no. 1, p. 1, 2017.

D. P. Hostiadi, “Rancang Bangun Arsitektur Jaringan Komputer Menggunakan Network Attached Storage ( NAS ) Studi Kasus : STMIK STIKOM Bali,” pp. 9–10, 2015.

I. K. Dharmendra, L. Putu, and A. Desiani, “Penerapan Network Attached Storage Menggunakan Openwrt Studi Kasus : Bagian Kemahasiswaan STIKOM Bali,” Konf. Nas. Sist. Inform. 2015, pp. 1016–1020, 2015.

H. Lim, D. Jeong, K. Kim, and J. Park, “N ETWORKING S ERIES A Single-Chip Storage LSI for,” no. May, pp. 141–148, 2005.

“Storage Area Network Architectures Technology White Paper Heng Liao Technical Advisor,” no. 1, 2003.

A. D. Abhijeet Kumar Rajput, Rachna Tewani, “The Helping Protocol of DHCP,” pp. 634–637, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.