Pengenalan Jenis Laptop menggunakan Metode Markerless

Nasruddin Nasruddin, Huzain Azis, Dirgahayu Lantara

Abstract


Saat ini, terdapat beberapa Jenis laptop di pasaran. Dengan beragamnya jenis laptop dan spesifikasinya, membuat pengguna cukup kesulitan dalam memilih sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan. Penelitian yang dilakukan menggunakan teknologi Augmented Reality dengan metode Markerless yang bertujuan untuk membantu pengguna memilih jenis laptop berdasarkan fisik dan merk dengan tampilan 3D (3 Dimensi). Metode Markerless mampu menangkap gambar dengan akurasi piksel Visual 3D fisik termasuk ketebalan, ukuran (inch), keyboard dan merek laptop (Acer, Toshiba, Lenovo, Dell, Asus dll). Dengan tambahan plugin atau library yang terdapat di android, dapat lebih memudahkan dalam pembuatan aplikasi Augmented Reality di dalam smartphone karena sudah tersedia tools yang bisa digunakan ketika ingin membuat teknologi Augmented Reality. Berdasarkan hasil percobaan menggunakan laptop merk asus, didapatkan hasil akurasi sebesar 88%. Untuk penelitian selanjutnya, dapat digunakan penggabungan metode Augmented Reality dengan Citra Digital agar ditemukan persentase yang lebih akurat.


Keywords


laptop; android; smartphone; 3D; markerless; Augmented Reality;

Full Text:

PDF

References


M. Singh, I. Consultant, M. P. Singh, and N. Carolina, “Augmented Reality Interfaces,” 2013.

H. Vitono, H. Nasution, and H. Anra, “Implementasi Markerless Augmented Reality Sebagai Media Informasi Koleksi Museum Berbasis Android,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 4, pp. 239–245, 2016.

Ö. F. Demir and E. Karaarslan, “Augmented Reality Application for Smart Tourism : GökovAR,” pp. 164–167, 2018.

P. Candi and A. K. Wahyudi, “ARca : Perancangan Buku Interaktif Berbasis Augmented Reality pada ARca , Pengembangan Buku Interaktif Berbasis Augmented Reality dengan Smartphone Android,” no. August, 2017.

A. Apriansyah, D. M. Anugraha, G. Prakoso, and K. N. Erdiham, “Aplikasi Pengenalan Hewan dengan Teknologi Marker Less Augmented Reality Berbasis Android,” vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2017.

F. Huang, Y. Zhou, Y. Yu, Z. Wang, and S. Du, “Piano AR : A Markerless Augmented Reality Based Piano Teaching System,” 2011.

C. Xiao and Z. Lifeng, “Implementation of Mobile Augmented Reality Based on Vuforia and Rawajali.” pp. 3–6.

F. Z. Adami and C. Budihartanti, “Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Media Pembelajaran Sistem,” no. 8, pp. 122–131.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.