Monitoring Rencana Kerja Anggaran dan Serapan Penggunaan Dana Institusi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman

Muhammad Rifqi Fauzan, Edy Budiman, Hario Jati Setyadi

Abstract


Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
(FKTI) Universitas Mulawarman memiliki Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) dengan sumber dana dari pemerintah yaitu dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Penyusunan RKA di FKTI masih menggunakan sistem yang sangat manual
dengan cara, pengguna harus melapor terdahulu dan bagian keuangan menginput data menggunakan aplikasi Ms. Excel. Dengan permasalahan ini, penulis melakukan analisa untuk memecahkan permasalahan yang terjadi menggunakan metode
waterfall untuk merancang sistem “Monitoring Rencana Kerja Anggaran dan Serapan Penggunaan Dana Institusi” berbasis website yang dapat digunakan bagian keuangan FKTI dengan membandingkan data rencana dan realisasi kegiatan anggaran FKTI. Bagian keuangan FKTI dapat mengakses sistem pada website, melakukan input data anggaran dan output dalam bentuk file Excel dan monitoring data anggaran serta dapat direkapitulasi secara otomatis oleh sistem ke dalam bentuk grafik. Sistem ini juga dapat dengan mudah memilih grafik yang dapat dilihat berdasarkan tahun yang terbagi 3 macam bentuk grafik yaitu grafik pertahun, periode dan tahun ke tahun. Dengan begitu proses pengawasan rekapitulasi laporan dapat diproses oleh sistem dengan kualitas pengolahan yang baik, mengurangi tingkat kesalahan, hemat waktu dan, serta membantu kinerja penyusunan anggaran bagian keuangan FKTI menjadi lebih.

Keywords


monitoring; rencana; realisasi; grafik;

Full Text:

PDF

References


Achmad Hafiyyan Faza, dkk. 2013. “Perancangan Basis Data Untuk Sistem Anggaran Dan Realisasi Berbasis Web Pada Pt. XYZ”.Jakarta: Universitas Bina Nusantara.

Adi Nugroho.2009. Rakayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan JAVA. Andi Offset. Yogyakarta.

Adiwarman P. Paputungan, dkk. 2017. “Sistem Monitoring dan Evaluasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (Apbd) Di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Berbasis Web”.Manado : Universitas Sam Ratulangi.

Asthana, A. & Olivieri, J., 2009. Quantifying Software Reliability and Readiness. Naples, IEEE, pp. 1-6.

Fathansyah, Ir. 2004, “Basis Data”, Bandung : Informatika.

Gevrie Archronantha. 2015. “Sistem Informasi Monitoring Proyek Dalam Bidang Konstruksi Berbasis Web Di Pt.Warycorp”.Bandung : Universitas Komputer Indonesia.

ISO/ IEC, International standard ISO/ IEC 9126, Switzerland: Joint Technical Committee, 1991.

Jr, Raymond McLeod., 1995. “Management Information System A Study of Computer Based Information Systems”, Prentice Hall, Inc.

Simarmata. 2010. “RekayFiasa Perangkat Lunak”. Yogyakarta: Andi Offset

Soetam, Rizky. 2011. “Konsep Dasar Perangkat Lunak”. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Raya.

Tian, J., “Evaluating Web Software Reliability Based on Workload and Failure Data Extracted from Server Logs”, IEEE TRANSACTIONS ON SOFTWARE ENGINEERING, hal. 754, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.