Analisis Algoritma pada Proses Enkripsi dan Dekripsi File Menggunakan Advanced Encryption Standard (AES)

Faturungi Muharram, Huzain Aziz, Abdul Rachman Manga'

Abstract


Meninjau dalam penggunaan teknologi, manusia tak pernah lepas dari kebutuhan akan sebuah informasi. Beberapa informasi dapat berupa file gambar, dokumen, dan video. Salah satu dari informasi tersebut banyak mengandung informasi penting yaitu informasi dalam bentuk file dokumen. Beberapa informasi memiliki privasi yang tidak boleh tersebar oleh public, oleh karena itu diperlukan cara dalam mengamankan informasi agar informasi tidak tersebar luas kepada pihak yang tak berwenang, dalam hal ini keamanan adalah salah satu hal yang penting. Salah satu cara yang diperlukan adalah menggunakan metode kriptografi. Dalam proses kriptografi terdapat konsep dasar yaitu enkripsi dan dekripsi. Enkripsi adalah proses dimana informasi atau data yang hendak dikirim diubah menjadi bentuk yang hampir tidak dikenali sebagai informasi awalnya dengan menggunakan algoritma tertentu. Dekripsi adalah kebalikan dari enkripsi yaitu mengubah kembali bentuk tersamar tersebut menjadi informasi awal [1]. Pada proses enkripsi terdapat beberapa cara yang dapat digunakan dan memiliki tingkat kekuatan serta kecepatan dan kelemahan dalam proses enkripsi tersendiri. Terdapat jenis model kriptografi, namun pada penelitian ini akan menyajikan analisis terhadap model kriptografi Advanced Encryption Standard (AES).

Keywords


kriptografi; enkripsi; dekripsi; AES

Full Text:

PDF

References


F. N. Pabokory, I. F. Astuti, and A. H. Kridalaksana, “Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, Dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard,” J. Inform. Mulawarman, vol. 10, no. 1, pp. 20–31, 2015.

M. S. Dharmawan, Eka Adhitya , Erni Yudaningtyas, “Perlindungan Web pada Login Sistem Menggunakan Algoritma Rijndael,” Eeccis, vol. 7, no. 1, pp. 77–84, 2013.

A. F. Marisman and A. Hidayati, “Pembangungan Aplikasi Pembanding Kriptografi dengan Caesar Cipher dan Advance Ecryption Standard(AES) untuk File Teks,” J. Penelit. Komun. dan Opini Publik, vol. 19, no. 3, pp. 213–222, 2015.

R. Primartha, “Penerapan Enkripsi dan Dekripsi File menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES),” J. Res. Comput. Sci. Appl., vol. 2, no. 1, pp. 13–18, 2013.

A. Kurniawati and M. D. Darmawan, “Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (Aes) Untuk Enkripsi Dan Dekripsi Pada Dokumen Teks.”

V. Yuniati, G. Indriyanta, and A. Rachmat C., “Enkripsi Dan Dekripsi Dengan Algoritma Aes 256 Untuk Semua Jenis File,” J. Inform., vol. 5, no. 1, 2011.

A. Arif and P. Mandarani, “Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard ( AES ) 128 Bit Pada Sistem Keamanan Short Message Service ( SMS ) Berbasis Android,” Teknoif, vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2016.

S. H. Putra, E. Santoso, and L. Muflikhah, “Implementasi Algoritma Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES) Pada Komprsi Data Teks,” 2012.

V. Lusiana, “Implementasi Kriptografi Pada File Dokumen Menggunakan Algoritma Aes-128,” J. Din. Inform., vol. 3, pp. 79–84, 2011.

A. R. Tulloh, Y. Permanasari, and E. Harahap, “Kriptografi Advanced Encryption Standard ( AES ) Untuk Penyandian File Dokumen Cryptography Advanced Encryption Standard ( AES ) for File Document Encryption sebagai agensi departemen perdagangan AS menetapkan sebuah standard kriptografi Standard ( AES ),” Pros. Mat., vol. 2, no. 2460–6464, pp. 118–125, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.