Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Posisi Pemain Sepak Bola Dengan Penerapan Metode Simple Additive Weighting

Indah Fitri Astuti, Noufal Fadilla, Awang Harsa Krisdalaksana

Abstract


Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Kesebelasan tim sepak bola memiliki tugas sendiri-sendiri. Salah satu pemain bertindak sebagai penjaga gawang dan sepuluh pemain memiliki tugas sebagai penyerang, sayap, gelandang bertahan, dan gelandang serang. Pelatih sepakbola dituntut untuk bisa menilai potensi setiap pemain agar bisa menentukan penempatan posisi yang tepat. Penilaian tersebut didasarkan pada kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh pelatih. Sistem pendukung keputusan dapat menjadi solusi dalam memberikan rekomendasi posisi pemain sebagai bahan pertimbangan. Sistem ini bertujuan agar pelatih lebih mudah dalam menentukan posisi pemain dan sebagai bahan pertimbangan posisi pemain yang sesuai dengan kriteria pemain. Sistem ini dibangun dengan menerapkan metode Simple Additive Weighting (SAW) sebagai metode penjumlahan terbobot yang digunakan dalam memecahkan masalah multi kriteria, metode SAW sesuai untuk proses pengambilan keputusan karena dapat menentukan nilai bobot untuk setiap kriteria, kemudian dilanjutkan dengan proses perangkingan yang akan menghasilkan pilihan yang sesuai dengan kriteria. Sistem ini dibuat berbasis web sehingga pengguna dengan mudah dapat mengakses sistem ini. Hasil output sistem berupa alternatif posisi pemain.


Full Text:

PDF

References


Darmastuti, D. 2013. Implementasi Metode Simple Addtive Weighting (SAW) dalam Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Web Untuk Rekomendasi Pencari Kerja Terbaik. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusumadewi, Sri, dkk. 2006. Fuzzy Multi- Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Jakarta : Graha Ilmu.

Fachrizal, B, Astuti, I.F, Khairina, D.M. 2013. Sistem Pendukung Keputusan untuk Kredit Pemilikan Rumah Bank UOB Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Informatika Mulawarman. Vol. 8 Nomor 3. September. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Turban E, Aronson J. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan System Cerdas). Jilid 1.Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.