Penerapan Metode Naïve Bayes pada Klasifikasi Judul Jurnal

Arisa Tien Hardianti, Abdul Rachman Manga, Herdianti Darwis

Abstract


Jurnal merupakan sebuah dokumen yang membahas mengenai sebuah penelitian dan berfokus pada 1 bidang kelimuan. Dalam jurnal keilmuan teknik informatika, ada banyak kategori yang bisa ditentukan, semakin banyak jurnal yang terbit, semakin banyak bidang keilmuan yang dapat dikelompokkan. Dalam penelitian ini, metode naïve bayes digunakan untuk mengklasifikasikan judul jurnal berdasarkan bidang keilmuan dalam dunia ilmu komputer yang terdapat pada data jurnal Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNRIK) tahun 2016 dengan menghitung akurasi data. Selain itu, digunakan stopword removal untuk menghilangkan kata yang tidak memiliki arti,  stemming untuk mendapatkan kata dasar dari judul jurnal yang akan dikelompokkan serta inverted index yaitu matriks antara term dan data. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan akurasi data sebesar 50% sehingga judul jurnal mendapatkan kategori yang sesuai.

Keywords


naïve bayes; jurnal; klasifikasi;

Full Text:

PDF

References


A. S. Sri Widaningsi, “Klasifikasi Jurnal Ilmu Komputer Berdasarkan Pembagian,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2018 (SENTIKA 2018), vol. 2018, no. Sentika, pp. 23–24, 2018

A. Indranandita, B. Susanto, and A. Rahmat, “Sistem Klasifikasi Dan Pencarian Jurnal Dengan Menggunakan Metode Naive Bayes Dan Vector Space Model,” J. Inform., vol. 4, no. 2, 2011.

U. M. S. Notebox, “Information Retrieval & Klasifikasi Teks,” pp. 1–27.

A. Setiawan, I. Fitri Astuti, and A. Harsa Kridalaksana, “Klasifikasi Dan Pencarian Buku Referensi Akademik Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier (Nbc) (Studi Kasus: Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Timur),” J. Inform. Mulawarman, vol. 10, no. 1, 2015.

T. F. Abidin, S. Si, and M. Tech, “Na ï ve Bayesian Classifier,” 2014.

S. A. Pattekari and A. Parveen, “Prediction system for heart disease using Naive Bayes,” Int. J. Adv. Comput. Math. Sci. ISSN, vol. 3, no. 3, pp. 2230–9624, 2012.

E. Meisner, “Naive Bayes Classifier example Car theft Example,” Comput. Linguist., vol. 36, no. 2, pp. 2–3, 2003.

A. Indriani, “Klasifikasi Data Forum dengan menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., pp. 5–10, 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.