Data Center Sumber Daya Manusia Profesional Kalimantan Timur Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean

Ramdhani Irchadi, Haeruddin Haeruddin, Ummul Hairah

Abstract


MEA merupakan bentuk realisasi dari tujuan akhir industri ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Dengan diberlakukannya MEA pada akhir 2015, negara anggota ASEAN akan mengalami aliran bebas barang, jasa, investasi, dan tenaga kerja profesional dari masing - masing negara. Kendala dalam pencarian tenaga kerja profesional dan juga tempat kerja atau perusahaan dalam negeri yang sangat dibutuhkan demi mengatasi masalah MEA ini. Dalam pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall yang memiliki beberapa tahapan yang terurut seperti Analisis, Desain, Pengodean, dan Pengujian. Dikembangkan berbasis website, sistem Data Center Manusia Sumber Daya Manusia Profesional Kalimantan Timur Dalam Menghadapi MEA ini para tenaga kerja mendapatkan informasi pekerjaan dan melakukan pendaftaran. Bagi perusahaan atau pencari kerja dapat mempromosikan perusahaan memberikan informasi kebutuhannya.


Keywords


MEA; Data; Tenaga Kerja

Full Text:

PDF

References


A Rizal Djaafara, Aida S Budiman, Sjamsul Arifin. MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) 2015 Memperkuat Sinergi ASEAN di Tengah Kompetisi Global. Jakarta : PT Elex Media Komputinda, 2008.

David Surya Aji Saputra. Pengembangan Sistem Informasi Bursa Kerja Khusus (BKK) Berbasis Web dengan PHP dan MySql Di SMK Negeri 2 Wonosari. Yogyakarta : UNY, 2017.

Kadir, Abdul. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2014.

Kendall, Kenneth & Julie E. Kendall. Analisis dan Perancangan Sistem. Jilid 2. (diterjemahkan oleh: Thamir Abdul Haefedh). Jakarta: PT. Indeks, 2003.

MADCOMS. AplikasiProgram PHP dan MySQL untuk Membuat Website interaktif. Yogyakarta: Andi, 2004.

Nugroho, Bunafit. PHP dan MySQL dengan Editor Dreamweaver MX, Yogyakarta: Andi, 2004.

Rochim, Taufiq. Sistem Informasi, Bandung: ITB, 2002

Suwarno. Sistem Informasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Web Pada Balai Latihan Kerja Boyolali. Surakarta: STMIK Sinar Nusantara, 2015.

http://alamatperusahaanindo.blogspot.co.id/p/daftar-alamat-perusahaandi-kalimantan.html

http://www.idsalim.com/2016/05/profesi-yang-akan-bersaing-diprogram. html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.