Kinerja Metode C4.5 dalam Penyaluran Bantuan Dana Bencana

Ahmad Akhlaqul karim, Yulita Salim, Huzain Azis

Abstract


Secara geografis Indonesia membentang dari 60 LU sampai 110 LS dan 920 sampai 1420 BT, terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil yang jumlahnya kurang lebih 17.504 pulau. Tiga per-empat wilayahnya adalah laut (5,9 juta km2), dengan panjang garis pantai 95.161 km, perairan terpanjang kedua setelah Kanada. Bencana alam kadang terjadi di suatu wilayah yang kadangkala terjadi di suatu wilayah. Seringnya kesalahan pembagian penyaluran bantuan dana  bagi wilayah yang sangat membutuhkan ke lokasi bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah. Dalam Penelitian ini bantuan yang disalurkan berdasarkan faktor kebutuhan sembako dan kebutuhan obatobatan, pemimpin. Oleh karena itu faktor-faktor yang terkait dengan penyaluran bantuan akan dianalisa. Dalam penelitian ini metode C4.5 digunakan untuk menganalisa jumlah bantuan dana yang akan disalurkan ke wilayah bencana. Sebanyak 20 data sampel korban bencana alam telah di analisa pada wilayah Makassar. Berdasarkan Hasil eksperimen terdapat beberapa faktor utama yaitu pasokan sembako dan kebutuhan obatobatan dalam menentukan jumlah penyaluran bantuan bencana ke wilayah tertentu. Perbaikan kinerja dapat menggunakan beberapa metode, salah satunya dengan menggunakan Metode Best-fit.

Keywords


C4.5; Bencana Alam; Penyaluran Bantuan

Full Text:

PDF

References


R. Lasabuda, “Pembangunan wilayah pesisir dan lautan dalam perspektif Negara Kepulauan Republik Indonesia,” J. Ilm. Platax, vol. 1, no. 2, pp. 92–101, 2013.

F. F. Harryanto and S. Hansun, “Penerapan Algoritma C4 . 5 untuk Memprediksi Penerimaan Calon Pegawai Baru di PT WISE,” Jatisi, vol. 3, no. 2, pp. 95–103, 2017.

T. H. Pudjiantoro, U. Jenderal, and A. Yani, “Penentuan Penanganan Kasus Terhadap Penyakit Berdasarkan Gejala Menggunakan Case Base Reasoning dan Algoritma Nearest Neighbor (Studi kasus : Klinik Citra Medika Cianjur),” no. February, 2018.

L. Swastina, “Penerapan Algoritma C4 . 5 Untuk Penentuan Jurusan Mahasiswa,” vol. 2, no. 1, 2013.

T. B. Santoso, “Analisa Dan Penerapan Metode C4.5 Untuk Prediksi Loyalitas Pelanggan,” CEUR Workshop Proc., vol. 1542, no. 1, pp. 33– 36, 2015.

Jefri and Kusrini, “Implementasi Algoritma C4.5 Dalam Aplikasi Untuk Memprediksi Jumlah Mahasiswa Yang Mengulang Mata Kuliah Di STMIK AMIKOM Yogyakarta,” Naskah Publ., pp. 1–14, 2013.

Marwana, “Algoritma c4.5 untuk simulasi prediksi kemenangan dalam pertandingan sepakbola,” pp. 53–58.

A. Zulkifli, “Metode C45 Untuk Mengklarifikasi Pelanggan Perusahaan Telekomunikasi Seluler,” Riau J. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 65–76, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.