Improving Fine Motor Skills with Finger Painting in Early Childhood

Riri Octavianti, Mulia Marita Lasutri Tama

Abstract


UNICEF in 2015, there was a high data on the incidence of growth and development disorders in children, especially motor development disorders, there were (27.5%) or 3 million children who experienced disorders. National data according to the Indonesian Ministry of Health that in 2014, 13% to 18% of children in Indonesia experienced growth and development disorders. Finger Painting can develop children's expression through the medium of painting with hand movements, develop fantasy, imagination, and children's creations, train the muscles of the hands and fingers, coordination of muscles and eyes, train creativity in combining colors. Finger Painting is an activity of making drawings that is done by scratching the color dough (paint) directly with the fingers of the hand freely on paper or medial drawings. This study aims to determine the Effect of Finger Painting for Improving Fine Motor Skills in Early Childhood at Tk Al-Kahfi Palembang. With the subject of 10 children aged 5 years. This study used one group pretest and posttest design. This study used a non-parametric statistical test, namely the Wilcoxon test. From the results of the study, differences were obtained between pretest scores and posttest scores. There are also behavioral changes in children in fine motor skills such as grasping objects, writing, and folding paper. Therefore, from the results of the study, it can be concluded that there is an influence in the use of the Finger-Painting technique on improving fine motor skills in children in Al-Kahfi Kindergarten Palembang.


UNICEF pada tahun 2015, terdapat data yang cukup tinggi pada angka terjadinya gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak khususnya gangguan perkembangan motorik terdapat (27,5%) atau 3 juta anak yang mengalami gangguan. Data nasional menurut Kementerian Kesehatan Indonesia bahwa pada tahun 2014, 13% hingga 18% anak di Indonesia mengalami kelainan pertumbuhan dan perkembangan. Finger Painting dapat mengembangkan ekspresi anak melalui media lukis dengan gerakan tangan, mengembangkan fantasi, imajinasi dan kreasi anak, melatih otot-otot tangan dan jari, koordinasi otot dan mata, melatih kreativitas mengombinasikan warna. Finger Painting adalah kegiatan membuat gambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan adonan warna (cat) secara langsung dengan jari tangan secara bebas pada kertas atau medial gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Finger Painting Untuk Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Di TK Al-Kahfi Palembang. Dengan subjek 10 orang anak berusia 5 tahun. Penelitian ini menggunakan one group pretest and posttest design. penelitian ini menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Wilcoxon. Dari hasil penelitian didapatkan perbedaan antara skor pretest dan skor posttest. Juga terdapat perubahan perilaku pada anak dalam kemampuan motorik halus seperti menggenggam benda, menulis dan melipat kertas. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan teknik Finger Painting terhadap peningkatan kemampuan motorik halus pada anak di TK Al-Kahfi Palembang.


Keywords


Finger Painting, Fine Motorskill, Early Childhood

Full Text:

FULL TEXT

References


Amalia, W., & Mayar, F. (2021). Perkembangan Motorik Halus melalui Metode Finger Painting. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).

Amanda, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Kelompok B1 TK ABA Gambrengan. Pendidikan Guru PAUD S-1, 39–48.

Astria, N., Sulastri, M., & Magta, M. (2015). Penerapan metode bermain melalui kegiatan finger painting untuk meningkatkan kemampuan motorik halus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).

Azwar, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Murid Autis Kelas i Di Slb Arnadya Makassar.

Bakri, S. (2016). Modernisasi dan Perubahan Sosial dalam Lintasan Sejarah Islam. Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 14(2), 173–190.

Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). PERMAINAN FINGER PAINTING UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.24903/jw.v5i1.427

Gordon, A. M., & Magill, R. (2016). Motor learning: application of principles to pediatric rehabilitation. Campbell’s Physical Therapy for Children Expert Consult-E-Book, 78.

Handayani, K. S. W., Manuaba, I. B. S., Fo, M., Tirtayani, L. A., & Psi, M. (2018). Pengaruh Finger Painting terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B2 di Tk Ganesha Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(3), 353–362.

Harsismanto, J., Ramon, A., Putrawan, R., Padila, & Andri, J. (2021). Perbandingan Efektivitas Bermain Plastisin Dengan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1).

Hayuningtyas, W. P. (2020). FINGER PAINTING DAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PRASEKOLAH. Jurnal Teras Kesehatan, 3(1). https://doi.org/10.38215/jutek.v3i1.36

Hidahyani, A., & Sujarwanto. (2021). Finger Painting sebagai Teknik Pengembangan Motorik Halus Anak Cerebral Palsy Di Usia Sekolah. Skripsi.

Khadijah, M. A., & Amelia, N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: teori dan praktik. Prenada media.

Melinda, N. (2013). PENGARUH MELUKIS TEKNIK FINGER PAINTING TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK: Penelitian Kuasi Eksperimen di TK Kristen BPK Penabur Guntur Kota Bandung [Doctoral dissertation]. Universitas Pendidikan Indonesia.

Muhliansyah, M., Arafat, M. Y., Hadafi, G., Rusyidina, R., & Finnisa, B. K. (2015). Pengaruh Keyboard Warna Merah dan Biru Terhadap Performa Motorik Halus (Kecepatan dan Akurasi Mengetik). Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 126–148.

Muyassaroh, Y., Aji, S. P., Argaheni, N. B., Ramadhaniati, F., Resmana, R., Sarita, S., Hasyim, H., & Kurniati, N. (2023). Epidemiologi Pada Kebidanan. Global Eksekutif Teknologi.

Nababan, R., & Tesmanto, J. (2021). Perkembangan Motorik Halus Melalui Finger Painting Pada Anak Kelompok Bermain Di TK Advent Tahun Pelajaran 2020/2021. Research and Development Journal of Education, 7(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11246

Nahriyah, S. (2017). Tumbuh kembang anak di era digital. Risalah, 4(1), 65–74.

Naidia, R. (2020). PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN AIRBRUSH PADA KELAS B DI TK ILAGANG KABUPATEN BENER MERIAH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).

Nurjanah, N., Suryaningsih, C., & Putra, B. D. A. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan BSI, V(2).

Nurlaili. (2019). Modul Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Modul.

Prasetyo, A. R., Kaloeti, D. V. S., Rahmandani, A., Salma, S., & Ariati, J. (n.d.). Buku Ajar Metodologi Penelitian Eksperimen.

Ramdini, T. P., & Mayar, F. (2019). Peranan Kegiatan Finger Painting terhadap Perkembangan Seni Rupa dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1411–1418.

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology 5th Edition. In Mcgraw Hill (Issue 3).

Suhartanti, I., & Rusfitasari, B. (2020). DAMPAK PERNIKAHAN DINI DENGAN PERHATIAN ORANG TUA PADA TUMBUH KEMBANG ANAK DI DESA MANDARAN REJO KECAMATAN PANGGUNG REJO KOTA PASURUAN. Medica Majapahit (JURNAL ILMIAH KESEHATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MAJAPAHIT), 12(2), 32–38.

Sukarini, S. (2020). Meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggambar dengan teknik finger painting pada anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31355

Taiyeb, H. (2016). Kemampuan motorik halus melalui teknik finger painting anak down syndrome. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i2.2159

Tama, N. A., & Handayani, H. (2021). Determinan Status Perkembangan Bayi Usia 0–12 Bulan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(3), 73–80.

Vitamami, L. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Dengan Finger Painting Pada Kelompok A2 RA BABUSSALAM Krian Sidoarjo. Paud Teratai, 2(1).

Wahyuni, R., & Erdiyanti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.5

Wati, N. I., & Rochanah, L. (2019). Pengaruh Kegiatan Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok A di RA Miftahul Ulum I Karang Poh Kluwut Wonorejo Pasuruan Tahun …. PROCEEDING: The Annual ….

Wena, P., Subawa, I. P., & Suparya, I. K. (2021). PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 110–116.

Wiratni, N. L. G., Manuaba, I. B. S., Fo, M., & Kristiantari, M. G. R. (2016). Penerapan Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B2 Tk Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini UNDIKSHA, 4(2).

Wiratni, N. L. G., Manuaba, I. B. S., & Kristiantari, Mg. R. (2016). Penerapan Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B2 Tk Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2).

Yuniarti, S. (2015). Asuhan Tumbuh Kembang Neonatus Bayi-Balita dan Anak Pra-Sekolah. Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v12i1.9399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id