Analisis School Well Being Pada Remaja di Lokasi Pengungsian Kabupaten Lumajang Melalui Logoanalis Pasca Erupsi Gunung Semeru

Ferianto Ferianto, Muhammad Erwan Syah, Suwarno Suwarno

Abstract


As a result of the Mount Semeru eruption disaster, disaster victims experience a crisis of the meaning of life for adolescents while taking meaningful learning and affecting their level of spirituality. The meaning of life alone makes a significant contribution to adolescent spirituality. Learning from experience in the form of the psychospiritual impact of the disaster, it is necessary to make efforts to reduce the bad risks due to disasters, especially those that are preventive in nature, namely the logoanalysis program. The purpose of this research is to analyze school wellbeing in youth staff through logoanalysis. This research method is action research with an experimental type with One Group Pretest-Posttest and a research sample of 30 people. Data collection was carried out using the Psychological Preparedness Scale for Disasters and analyzed using the paired sample t-test. The results showed that after the training the average score of positive affect level of School Well Being in Adolescents at the Lumajang Regency Refugee Site after the treatment had increased from 18.70 to 23.10. The conclusion is that there is a significant difference regarding the decrease in negative affect on respondents before and after treatment.

Akibat dari bencana erupsi Gunung Semeru telah membuat korban bencana mengalami krisis makna hidup bagi remaja saat menempuh belajar yang berarti serta mempengaruhi tingkat spiritualitas yang dimiliki. Makna hidup sendiri memberikan kontribusi yang signifikan terhadap spiritualitas remaja. Belajar dari pengalaman berupa dampak psikospiritual dari bencana tersebut, perlu dilakukan usaha-usaha untuk mengurangi resiko buruk akibat bencana terutama yang bersifat preventif yaitu program logoanalisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menganalisa school wellbeing pada tenaga remaja melalui logoanalisis. Metode Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dengan jenis eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest dan sampel penelitian berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Kesiapan Psikologis terhadap Bencana dan dianalisis dengan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah pelatihan terjadi skor rata-rata tingkat afek positif School Well Being Pada Remaja di Lokasi Pengungsian Kabupaten Lumajang setelah dilakukan perlakuan mengalami kenaikan dari 18.70 menjadi 23.10. Ada perbedeaan yang signifikan terkait penurunan afek negatif pada responden sebelum dan setelah perlakuan.


Keywords


School Well Being, Remaja, Logoanalisis

Full Text:

FULL TEXT

References


Aco, H. (2021, 4 Desember). Gunung Semeru Meletus Warga Berusaha Menyelamatkan Diri. Diakses pada 25 Januari 2022 melalui https://www.tribunnews.com/regional/2021/12/04/breaking-news-gunung-semeru-meletus-warga-berusaha-menyelamatkan-diri.

Ahmad, J. N. (2010). Penggunaan School Well Being pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Bertaraf Internasional Sebagai Barometer Evaluasi Sekolah. Jurnal UI Untuk Bangsa Seri Sosial dan Humaniora, 1, 102-103.

Bastaman, H. D. (2017). Logoterapi: Psikologi untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Frank, V. E. (2013). Logoterapi: Terapi Psikologi Melalui Pemaknaan Eksistensial. Yogyakarta: Kreasi.

Dewi, L., & Nasywa, N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Subjective Well-Being. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 1(1), 54-62.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Gregory, E.M. dan Rutledge, P.B. (2016). Exploring Positive Psychology: The Science of Happiness and Well-Being: The Science of Happiness and Well- Being. ABC-CLIO.

Herawati. (2018). Memahami proses belajar anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IV,

–48.

Hughes, J., & Kwok, O. M. (2007). Influence of student-teacher and parent-teacher relationships on lower achieving readers’ engagement and achievement in the primary grades. Journal of Educational Psychology, 99(1), 99-51.

King, R. B., & Datu, J. A. (2017). Happy classes make happy students: Classmates’ well being predicts individual student well-being. . Journal of School Psychology, 65, 116-128.

Konu, A., & Rimpela, M. (2002). Well-being in School A Conceptual Model. Health Promotion International, 17(1), 79-87.

Laba, N.R. dan Kusumaputri, E.S. (2020). Peningkatan Kebahagiaan di Tempat Kerja: Penggunaan Website Tiga Hal Baik pada Pelatihan Kebersyukuran. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi). 12(1):51-64.

Matatula, I. R . (2021, 6 Desember). Posko Utama Korban Erupsi Gunung Semeru Di Desa Sumberwuluh. Diakses pada 25 Januari 2022 melalui https://www.medcom.id/nasional/daerah/lKYr2zjN-posko-utama-korban-erupsi-gunung-semeru-di-desa-sumberwuluh

Munirah, F., Susanti, S. S., & Fithria. (2022). JIM FKep Volume V Nomor 2

FKep, V(1), 38–46.

McCormick, M. P., & O'Connor, E. E. (2015). Teacher–child relationship quality and academic achievement in elementary school: Does gender matter? . Journal of Educational Psychology, 107(2), 502-516.

Morgul, E., & et al. (2021). COVID-19 Pandemic and Psychological Fatigue in Turkey. International Journal of Social Psychiatry, 67(2), 128-135.

Nuraini, Mubina, N., & Sadijah, N. A. (2022).

Hubungan Antara Dukungan Keluarga

Dengan Motivasi Belajar Siswa Smp Tunas Dharma Karawang Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(2), 48–54.

https://doi.org/10.36805/empowermen .v 2i2.355

Pertiwi, M., Andriany, A. R., & Pratiwi, A. M. (2021). Hubungan Antara Subjective Well-Being Dengan Burnout Pada Tenaga Medis Di Masa Pandemi Covid-19. Syntax Idea, 3(4), 857-866.

Putriana, D. dan Dwityanto, A. (2018). Hubungan Antara Rasa Bersyukur dengan Burnout pada Perawat RSUD DR. MOEWARDI (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rokim, M., Sari, E. Y., & Aulia, A. (2022). Performance of ASN Nurses during the Covid-19 Pandemic in terms of Self-Efficacy, Altruism, and Interpersonal Communication. Jurnal Psikologi, 11(2), 200-208.

Saraswati, S. S. (2019). Faktor-faktor psikologis yang memengaruhi kesehatan tidur pada mahasiswa. Bachelor's thesis, Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Saraswati, D. R., Taufik, T. D., Hana, D. R., & Lestari, S. (2021). Pelatihan Kebersyukuran Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Remaja di Masa Pandemi Covid-19. . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 303-311.

Sari, T. T. (2020). Dukungan Keluarga dan Self Efficacy Terhadap Keberhasilan Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Motivasi Belajar. Journal Education Research and Development, 4, 127–136.

Sudewaji, B. A., & Eryani, R. D. (2019). Hubungan dukungan keluarga dengan motivasi untuk sembuh pada pecandu narkoba. Prosiding Psikologi, 5(2), 332–

Sugiartini, G. A., Dantes, N., & Candiasa, I. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Gambar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI SLB Negeri Gianyar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1), 1-10.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.Alfabeta.

Suryabrata. (2018). Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Suwardianto, H., & Setiawan, L. (2021). Dampak Penurunan Energi Terhadap Kelelahan Perawat Pada Masa Bencana Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmu Kesehatan, 12(1), 406-412.

Tian, L., Liu, B., Huang, S., & Huebner, E. S. (2013). Perceived social support and school well-being among Chinese early and middle adolescents: The mediational role of self esteem. Social Indicators Research, 991-1008.

Ulifa, R., Faizah, Dara, Y. P., & Wafiyyah, N. (2020). Bagaimana meningkatkan school wellbeing? memahami peran school connectedness pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 45-53.

Wijayanti, P. A., & Sulistiobudi, R. A. (2018). Peer relation sebagai prediktor utama school well-being siswa sekolah dasar. Jurnal Psikologi, 17(1), 56-67.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19.

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v11i4.9204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id