Pengaruh Teknik Behavior Contract Terhadap Peningkatan Kemandirian Pada Anak

Rina Oktaviana, Siti Patmawati

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of the behavior contract technique on increasing independence in class B1 TK Aisyiyah 9 Palembang. The research subjects were children aged 5-6 years or children of class B1 TK Aisyiyah 9 Palembang which consisted of 2 classes, namely B1 and B2 as many as 32 children. Researchers took class B1 with a total of 16 children consisting of 10 boys and 6 girls, with the characteristics of the value of independence being less (characteristics of not being independent). Data collection techniques using documentation, and observation checklist with a total of 8 indicators. The data analysis method in this study is the normality test and the Wilcoxon test. The results showed an increase in children's independence, in the pretest results obtained 8 children still have not emerged (BM) independence and for 2 children have started to appear (MM), after doing treatment. Then the results of the posttest, which were obtained were 7 children had often appeared (SM) their independence, and 3 children were consistent (K). So it can be concluded that there is an effect of the behavior contract technique on increasing independence in children, the actions given using the behavior contract technique include conveying the importance of independence to children, explaining the behavior contract rules that must be carried out by children using pictures of independence behavior, and providing reinforcement to strengthen child behavior.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik behavior contract terhadap peningkatan kemandirian pada anak kelas B1 TK Aisyiyah 9 Palembang. Subjek penelitian adalah anak berusia 5 – 6 tahun atau anak kelas B1 TK Aisyiyah 9 Palembang yang terdiri dari 2 kelas yaitu B1 dan B2 sebanyak 32 orang anak. Peneliti mengambil kelas B1 dengan jumlah 16 orang anak yang terdiri dari 10 orang anak laki – laki dan 6 orang anak perempuan, dengan karakteristik nilai kemandiriannya kurang (Ciri – ciri tidak mandiri). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, dan observasi checklist dengan berjumlah 8 indikator. Metode analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemandirian anak, pada hasil pretest diperoleh 8 orang anak masih belum muncul (BM) kemandiriannya dan untuk 2 orang anak sudah mulai muncul (MM), setelah melakukan treatment. Maka hasil posttest, yang didapatkan adalah 7 orang anak sudah sering muncul (SM) kemandiriannya, dan 3 orang anak konsisten (K). Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh teknik behavior contract terhadap peningkatan kemandirian pada anak, tindakan yang diberikan dengan menggunakan teknik behavior contract meliputi menyampaikan pentingnya kemandirian kepada anak, menjelaskan aturan behavior contract yang harus dilakukan oleh anak menggunakan gambar perilaku kemandirian, dan memberikan penguatan untuk memperkuat perilaku anak.


Keywords


Behavior Contract Technique, Independence, Children

Full Text:

FULL TEXT

References


Anggraini, G. F. (2019). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019. Paud Lectura, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351

As, H., Saman, A., & Khumas, A. (2020). Implementation of Behavior Contract to Reduce Aggressive Behavior of Students at SMP Negeri 3 Tanete Rilau. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 6(1), 66–71. https://doi.org/10.26858/jppk.v6i1.12139

Chotim, M., Dewi, N. K., Wardani, S. Y., & Christiana, R. (2016). Penerapan Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tk Kartika Iv-21 Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i2.250

Danauwiyah, N. M., & Dimyati, D. (2021). Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 588–600. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.994

Fitriani, Abd Samad, K. (2014). Penerapan Teknik Pemberian Reinforcement ( Penguatan ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas. 2, 192–202. https://doi.org/10.26618/jpf.v2i3.235

Fitrianingsih, R., & Musdalifah. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Pembuatan Strapless Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambu. Fashion and Fashion Education Journal, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/ffej.v4i1.7793

Geofanny, R. (2016). Perbedaan Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau Dari Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 711–721. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4230

Khoirul Mustamir, A., & Muslimin. (2021). Analisis Behavior Contract Dalam Pembelajaran Pada Anak Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) I Kota Kediri. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 72–81. https://doi.org/10.33367/jiee.v3i1.1619

Komala, K. (2015). Mengenal dan mengembangkan kemandirian anak usia dini melalui pola asuh orang tua dan guru. Tunas Siliwangi, 1(1), 31–45. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/90

Krismi, IM. Hambali, & Diniy Hidayatur Rahman. (2021). Keefektifan Teknik Behavior Cont Keefektifan Teknik Behavior Contract Dalam Bingkai Konseling Kelompok Behavioral Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa. Efektor, 8(2), 176–183. https://doi.org/10.29407/e.v8i2.15917

Liuriana, R., Lamirin, L., & ... (2021). Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Kemandirian Anak Di TK B Sekolah Maitreyawira Deli Serdang Tahun Pelajaran 2020/2021. Prosiding Bodhi …, 1(1), 62–74. https://bodhidharma.e-journal.id/PBD/article/view/38%0Ahttps://bodhidharma.e-journal.id/PBD/article/download/38/35

Marisa, C., Yekti, W. B., & Karneli, Y. (2020). Konseling Behavior Contract Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Sekolah Di Tingkat Menengah Kejuruan. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 330–338. https://doi.org/10.26539/teraputik-42421

Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, 1, 64–74. https://doi.org/10.4324/9781003014546-7

Novan Ardy Wiyani, M. P. . (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini Panduan Orang Tua & Guru dalam Membentuk Kemandirian & Kedisiplinan Anak Usia Dini (R. K. Ratri (ed.); 3rd ed.). 2021. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=887185

Novitasari, Z., Aliriad, H., & ... (2018). Keefektifan Teknik Behavior Contract untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa SMK Pondok Pesantren Abu Dzarrin Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Hospitality, 7(2). https://doi.org/10.47492/jih.v7i2.195

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Nurwijianti, G. D. (2018). PENERAPAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK KELOMPOK B TK PERTIWI MUNGKUNG KECAMATAN LOCERET KABUPATEN NGANJUK Oleh : GESINTA DWI NURWIJIANTI Dibimbing oleh : UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI SURAT PERNYATAAN ARTIKEL SKRIPSI TAHUN 2018. Jurnal Simki Pedagogia, 2(12), 1–9. http://simki.unpkediri.ac.id/detail/14.1.01.11.0036

Pratiwi, S. V. (2019). Mendidik Kemandirian Anak. Fakultas Pendidkan Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Nusantara Batanghari, Jambi, VI, 172–184. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7344

Pujiati, N. I., & Dahlan, T. H. (2017). Modifikasi Perilaku Melalui Teknik Token Economy. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice &Research, 1(2), 10–22. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling

Sa’ida, N. (2016). Kemandirian Anak Kelompok a Taman Kanak-Kanak Mandiri Desa Sumber Asri Kecamatan Nglegok Kabupetn Blitar. Jurnal Pedagogi, 2, 88–95. http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v2i2.541

Safaruddin. (2016). Al-Qalam. Teori Belajar Behavioristik, 8(2), 119–135. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i2.239

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441

Sari, E. S. dan M. (2019). KEMANDIRIAN ANAK USIA 5 - 6 TAHUN. Buah Hati, 22(4), 263–275. https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i1.931

Wahyuni, S. (2016). Peningkatan Kedisiplinan Siswa melalui Teknik Kontrak Perilaku (Behavior Contract) di TK ABA Pakis. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(5), 270–278. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/1258

Zaini, R. (2015). STUDI ATAS PEMIKIRAN B.F. SKINER TENTANG BELAJAR. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(December), 118–138. https://doi.org/10.24042/terampil.v1i1.1309




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v11i4.8706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id