Pentingnya Perencanaan Karier Terhadap Pengambilan Keputusan Karier

Maria Ni Komang Ayu, I Gde Dhika Widarnandana, Diah Widiawati Retnoningtias

Abstract


The results of previous studies have shown that career planning has proven effective in improving career decision-making in vocational, junior high, and age students, but there has been no research that examines the relationship between career planning and career decision making in high school students. This study aims to determine the relationship between career planning and career decision making for high school students. The type of research used is quantitative research. The study population is students of class XII and aged from 17-19 years. The sampling technique used is a sampling quota with a total sample of 170 high school students. Data collection uses online media (google form) because the research was conducted during the Covid-19 pandemic. The career decision-making gauge consists of three aspects and 20 items with reliability is 0.974. The career planning measuring instrument consists of five aspects and 55 items with reliability is 0.938. Data analysis was performed with Pearson Correlation. The results of this study show that there is a strong and positive correlation between career planning and career decision making with the influence of career planning of 43.3%. That is, when students have good career planning, they will be able to make career decisions well. The results of this study can be a reference for the school to equip students with career planning programs, as well as a reference for students to prepare themselves with various information related to career planning.

 

Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa perencanaan karir terbukti efektif meningkatkan pengambilan keputusan karir pada siswa SMK, SMP, dan usia pencari kerja, namun belum ada penelitian yang mengkaji hubungan antara perencanaan karir dan pengambilan keputusan karir pada siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perencanaan karier dengan pengambilan keputusan karir siswa SMA. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII dan berusia dari 17-19 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah kuota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 170 orang siswa SMA. Pengumpulan data menggunakan media online (google form) karena penelitian dilakukan selama masa pandemi Covid-19. Alat ukur pengambilan keputusan karir terdiri dari tiga aspek dan 20 item dengan reliabilitas adalah 0,974. Alat ukur perencanaan karier terdiri dari lima aspek dan 55 item dengan reliabilitas adalah 0,938. Analisa data dilakukan dengan Pearson Correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang kuat dan positif antara perencanaan karier dengan pengambilan keputusan karier dengan pengaruh dari perencanaan karier sebesar 43.3%. Artinya, ketika siswa memiliki perencanaan karir yang baik, maka akan dapat mengambil keputusan karir dengan baik. Hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi pihak sekolah untuk membekali siswa dengan program perencanaan karir, serta menjadi rujukan bagi siswa untuk mempersiapkan diri nya dengan berbagai informasi yang berkaitan dengan perencanaan karir.


Keywords


Perencanaan Karier; Pengambilan Keputusan; Karier Siswa SMA

Full Text:

FULL TEXT

References


Afdal, Suya, M., Syamsu, & Uman. (2014). Bimbingan Karir Kolaboratif dalam Pemantapan Perencanaan Karir Siswa SMA. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 2(3), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/110000

Ananda, Y. R. (2017). Hubungan Kematangan Emosi dengan Pengambilan Keputusan Karir pada Siswa Kelas XII SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 6(2), 45–51. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijgc.v6i2.16745

Ardiyanti, D., & Alsa, A. (2015). Pelatihan “ PLANS ” untuk Meningkatkan Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.22146/gamajpp.7357

Arjanggi, R. (2017). Identifikasi Permasalahan Pengambilan Keputusan Karir Remaja. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 22(1), 28–35. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/psikologika.vol22.iss2.art3

Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. PSIKOPEDAGOGIA, 3(2), 58–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v3i2.4466

Damayanti, D., & Widyowati, A. (2018). Peningkatan Career Decision Making Self Efficacy (CDMSE) Melalui Pelatihan Perencanaan Karir pada Siswa SMK. HUMANITAS, 15(1), 35–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v15i1.7409

Drastiana, D. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Pengambilan Keputusan Karir pada Remaja. Universitas Muhammadiyah Malang.

Fadhillah, S. H., & Yudiana, W. (2020). Kesulitan Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa di Daerah Rural: Bagaimana Peran Dukungan Sosial? Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 229–248. https://doi.org/https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.3375

Fadilla, P. F., & Abdullah, S. M. (2019). Faktor Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa SMA Ditinjau dari Social Cognitive Theory. Psikostudia Jurnal Psikologi, 8(2), 108–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v8i2.3049

Ghassani, M., Ni’matuzahroh, & Anwar, Z. (2020). Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karir. Jurnal Inter, 12(2), 121–136. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss2.art5

Haq, A. H. B., & Farida, R. (2019). Orientasi Karir pada Siswa SMP : Pilihan Jurusan dan Gambaran Pekerjaan di Masa Depan. Psikostudia Jurnal Psikologi, 8(1), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v8i1.2334

Hartono, M. S. (2018). Bimbingan Karier. Jakarta: Prenada Media.

Kintan, A. A. . S. D., Retnoningtyas, D. W., & Widarnandana, I. G. D. (2021). Pengaruh Layanan Informasi Mengenai Karir Terhadap Penurunan Keragau-Raguan Pembuatan Putusan Karir Siswa SMA. Jurnal Psikologi Mandala, 5(2), 35–58.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. PSIKOPEDAGOGIA, 5(1), 33–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474

Mubarik, A., Setiyowati, E., & Karsih, K. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Karir SMK Bina Sejahtera 1 Bogor. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/INSIGHT.031.01

Nurrega, R. G., Wahyuningsih, H., & Gusniarti, U. (2018). Konseling Karir Kelompok Cognitive Infomation Processing untuk Meningkatkan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Journal of Psychological Science and Profesion (JPSPP, 2(1), 127–134. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jpsp.v2i1.16702

Olla, Y., & Abdullah, S. M. (2021). Peran Orientasi Karier dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Career Decision Making Siswa. Psikostudia Jurnal Psikologi, 10(2), 143–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v10i2.5696

Pribadi, A. S., Erlangga, E., & Wangge, M. Y. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik Dengan Pengambilan Keputusan Karier Pada Siswa SMP. Philanthropy Journal of Psychology, 5(1), 157–174. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v5i1.2629

Putri, L. S., & Sakti, H. (2015). Hubungan antara Konformitas dengan Pengambilan Keputusan dalam Menggunakan Produk Skin Care Pada Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 4(2), 121–125. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2015.14902

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: CV.Budi Utama.

Santosa, E. I., & Himam, F. (2014). Pengaruh Berbagi Pengetahuan Perencanaan Karir Terhadap Efikasi Diri dalam Membuat Keputusan Karir. Jurnal Intervensi Psikologi, 6(1), 1–24. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss1.art1

Sitompul, L. (2018). Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Melalui Layanan Bimbingan Karir di Sekolah dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 15(3), 316–327. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jt.v15i3.13416

Wakhinuddin. (2020). Perkembangan Karier Konsep dan Implikasinya. Padang: UNP Press.

Widyastuti, R. J., & Pratiwi, T. I. (2013). Pengaruh Self Efficacy dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Pemantapan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal BK UNESA, 3(1), 231–238.

Zamroni, E. (2016). Urgensi Career Decision Making Skills dalam Penentuan Arah Peminatan Peserta Didik. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 2(2), 140–152. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.700




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v11i3.7021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id