Efektivitas Art Therapy Dalam Meningkatkan Ketelitian Belajar

Elda Trialisa Putri, Auliya Diah Safitri, Khairunnisa Kaharuddin Boru Manullang, Haryati Haryati, Rita Haryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh art therapy untuk meningkatkan ketelitian belajar. Aspek-aspek ketelitian belajar adalah pemusatan fikiran, motivasi, rasa khawatir, perasaan tertekan, gangguan pikiran,  gangguan kepanikan, dan kesiapan belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan alat tes pauli. Metode pengumpulan data ini adalah metode alat tes pauli yaitu menggunakan suatu metode dengan cara mengerjakan penghitungan sederhana di mana yang hendak dilihat adalah kurva kerja dari testee. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Model Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang siswi, 10 orang siswa sebagai kelompok kontrol dan 10 orang eksperimen. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis one way anova. Hasil penelitian menunjukan bahwa art therapy berpengaruh signifikan terhadap ketelitian pada posttest 1 dengan F = 6,171 dan p = 0,023 < 0,050. Hasil analisa pada posttest 2 menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara art therapy terhadap ketelitian dengan F = 0,184 dan nilai p = 0,673 > 0,050.

Keywords


art therapy, ketelitian belajar.

Full Text:

PDF

References


Ballou, M. 1995. Psychologycal Interventions : A Guide To Strategies. Westport, CT: Praeger Publishers.

Case, C. & Dalley, T. 1992. The Handbook of Art Therapy. USA & Canada: Routledge.

Cathy, M. 2003. Handbook of art therapy. USA: The Guilford Press.

Ernawati, Izwarni & Weni Nilmara. 2008. Tata Busana Jilid 3. Jakarta : Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Feist, J dan Feist, J.G. 2009. Teori Kepribadian. Theories of Personality . Buku 2: Edisi 7 Jakarta: Salemba Humanika.

Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Penerbit Universitas Diponegoro.

Gussak, D. 2009. The Arts in Psychotherapy Comparing the effectiveness of art therapy on depression and locus of control of male and female inmates. Journal The Arts in Psychotherapy 36, 202–207.

Huss, E. 2009. “A Coat Of Many Colors” Towards An Integrative Multilayered Model Of Art Therapy. The Arts in Psychotherapy, 36, 154–160.

Holt, E & Kaiser, D.H. (2002). The first step series: art therapy for early substance abuse treatment. The Arts in Psychotherapy 36, 245–250

Malchiodi, C. (Ed) (2003). Handbook of Art Therapy. USA: Guildford Press.

McCrae, R.R., & Allik, J. (2002). The Five Factor Model of personality across cultures. New York: Kluwer Academic/ Plenum Publishers.

Surya, M. 2003. Pengantar Psikologi Pendidikan. Bandung: FIP IKIP Bandung.

Solso, R. L., Maclin, O. H., & Maclin, M. K. (2008). Psikologi Kognitif. Surabaya: Penerbit Erlangga.

Wallin, K. & Durr, M. 2002. Creativity and expressive art in social emotional learning. Journal of Reclaiming Children and Youth, 11 (1), 30.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v4i1.2263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id