The Application of Project-Based Learning as an Effort to Improve Learning Achievement in Vocational High School Students

Arya Apolonio, Muslimah Zahro Romas, Ria Rizkiyana

Abstract


Low student achievement in vocational high schools (SMK) is one of the problems that has led to a decline in enrollment every year. One way to deal with this is to use a learning model that can boost student engagement and motivation. This study aims to investigate the relationship between project-based learning (PBL) and student academic performance at SMK. The researcher employed a quantitative approach with a sample size of 85 students out of a total population of 100 students. Data analysis was conducted using normality tests, linearity tests, Pearson Product Moment correlation tests, and partial correlation tests for each aspect. The normality test results showed that the data were normally distributed, while the linearity test showed a significant linear relationship between the two variables. Through the correlation test, the researcher found that there was a positive relationship between Project-Based Learning and learning achievement with a correlation coefficient of r = 0.572 and significant at the 0.01 level (p ≤ 0.05). These findings indicate that the implementation of Project-Based Learning significantly contributes to improving the learning achievement of vocational high school students. The implications of this study suggest that teachers need to optimize the use of project-based learning models as an effective learning strategy to improve the quality of learning and student learning outcomes in vocational high schools.

Rendahnya prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi salah satu permasalahan yang berdampak pada menurunnya jumlah peserta didik setiap tahunnya. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) dan prestasi belajar siswa SMK. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 85 siswa dari total populasi 100 siswa. Peneliti melakukan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji korelasi Pearson Product Moment serta uji korelasi parsial pada setiap aspek. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data terdistribusi normal, sedangkan uji linearitas menunjukkan adanya hubungan linier yang signifikan antara kedua variabel. Melalui uji korelasi, peneliti menemukan bahwa terdapat hubungan positif antara Project Based Learning dan prestasi belajar dengan nilai koefisien korelasi r = 0,572 dan signifikan pada tingkat 0,01 (p ≤ 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa SMK. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru perlu mengoptimalkan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa di SMK.


Keywords


Project Based learning, learning Achievement, Positive relationship, Vocational High school

Full Text:

FULL TEXT

References


Alamsyah, A., Pettalongi, A., Hasnah, S., & Kunci, K. (2022). Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5 . 0 ( KIIIES 5 . 0 ) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu 2022, Volume 1 Pengaruh Kode Etik Guru Terhadap Perilaku Kerja Tenaga Pendidik. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0, 1, 284–289.

Andriyani, D., & Samiyem, S. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode Resitasipada Pelajaran Matematika. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(3), 1435–1441. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i3.12316

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Anwar, Y., Fadillah, A., & Syam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda. Jurnal Pendidikan, 30(3), 399. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1753

Aziz, S. A., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 67–74. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.273

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Damayanti, et all. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 706–719. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Darman Manda, I. A. (2024). Pinisi Journal of Social Science. Pinisi Journal of Social Science, 2(2), 75–82.

Farhin, N., Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui penerapan “project based-learning.” Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 132–136. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.144

Hardinata, Djulia, Bukhari, S. (2021). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 9(4), 54–60.

Hasmyani, B. (2013). Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kebiasaan Belajar Dan Pengisian Waktu Luang Pada Siswaa Sekolah Dasar Karangwuni 1 Yogyakarta. Tesis, 2(2), 87–99.

Husnianingtyas, A., Hanifah, N., & Syahid, A. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sd Pada Pembelajaran Ips. 8, 28338–28346. http://repository.upi.edu/id/eprint/87314

Khasuma Wardani, D., Wijayanti, A., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 207–213.

Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01), 1–8. https://doi.org/10.29040/jie.v1i01.194

M. D. Pane A., D. (2017). Belajar dan Pembelajaran Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Fitrah, 03(2), 333–352.

Nauli Thaib, E. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 384–399. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.485

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Putra, A. R., & Sulastri, S. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Peran Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan.

Putra, H., & Purwasih, R. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 3(1), 128–136. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/170

Putri, E. T., Safitri, A. D., Manullang, K. K. B., & ... (2015). Efektivitas Art Therapy Dalam Meningkatkan Ketelitian Belajar. Psikostudia: Jurnal …, 4(1). http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/PSIKO/article/view/2263

Rahmawati, N., Firmansyah, A., & Zainuddin, Z. (2022). Penerapan PjBL dalam Meningkatkan Motivasi dan Sikap Kolaboratif Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan.

Rani, H. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(2), 8. https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/40

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377

Saputra, B., & Mahendra, I. W. E. (2023). Efektivitas Penerapan PjBL dalam Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik.

Satsyabila, A. (2023). Hubungan Antara Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Smk Swasta Jambi Medan.

Setiawati, S. M. (2018). 'HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.

Sugiantara, I. P., Listarni, N. M., & Pratama, K. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448

Susanti, A., Rakhman, A., & Hermawan, D. (2022). Model Pembelajaran Proyek untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian Siswa SMK. Jurnal Vokasi Indonesia.

Taluke, D., Lakat, R. S. M., Sembel, A., Mangrove, E., & Bahwa, M. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531–540.

Tjalla, A. (2006). Pengertian Statistik, Data, Skala Pengukuran, Distribusi Frekuensi, dan Grafik. Heritage, April, 1–9.

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Wena, M. (2015). Strategi Pembelajaran inovatif Kontemporer. Bumi Askara Grant.

Wijayanti, R., & Hartono, R. (2021). Peran PjBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK. Jurnal Kependidikan.

Yudistiro, Y. (2016). Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Belajar Pada Siswa yang Aktif dalam Kegiatan Ekstrakurikuler. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 305–309. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.4017

Zulkarnaen, Z., Wardhani, J. D., Katoningsih, S., & Asmawulan, T. (2023). Manfaat model Pembelajaran Project Based Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini dan Implementasinya dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 394. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52951




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v14i3.19481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Arya Apolonio, Muslimah Zahro Romas, Ria Rizkiyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Psikostudia: Jurnal Psikologi is indexed by :

Moraref Crossref PKP-Index One Search Worldcat OpenArchives GoogleScholar GoogleScholar Garuda Portal-ISSN Base Sinta
 

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id