Self-Efficacy and Grit: The Key to Overcoming Procrastination in Thesis Writing

Cica Mustika, Nadhirotul Laily

Abstract


Academic procrastination was a significant obstacle in thesis completion often experienced by students, mainly due to low self-confidence and lack of perseverance in facing long-term tasks. This study aimed to determine the influence of Self-Efficacy and Grit on Academic Procrastination among students at Universitas Muhammadiyah Gresik during the thesis writing process. The research employed a quantitative approach using multiple linear regression methods and involved 75 students selected through purposive sampling. Data were collected using the Self-Efficacy scale, Grit scale, and Academic Procrastination scale. The results of the analysis showed that Self-Efficacy and Grit simultaneously had a significant influence on Academic Procrastination with a contribution of 58.2%. Partially, Self-Efficacy had a more dominant effect compared to Grit in reducing the tendency of academic procrastination. These findings confirmed that the higher the level of students' Self-Efficacy and Grit, the lower their level of academic procrastination. The implication of this research emphasized the importance of strengthening self-confidence and perseverance in educational intervention strategies to help students complete their final projects on time. Therefore, universities were recommended to develop psychological assistance programs and personal development training focused on enhancing Self-Efficacy and Grit as preventive efforts against procrastinative behavior.

Prokrastinasi akademik merupakan hambatan signifikan dalam penyelesaian skripsi yang sering dialami mahasiswa, terutama akibat lemahnya keyakinan diri dan kurangnya ketekunan dalam menghadapi tugas jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-Efficacy dan Grit terhadap Prokrastinasi Akademik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik dalam proses penyusunan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linier berganda, melibatkan 75 mahasiswa sebagai responden yang dipilih melalui teknik incidental sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala Self-Efficacy, skala Grit, dan skala Prokrastinasi Akademik. Hasil analisis menunjukkan bahwa Self-Efficacy dan Grit secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Prokrastinasi Akademik dengan kontribusi sebesar 58,2%. Secara parsial, Self-Efficacy memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan Grit dalam menurunkan kecenderungan prokrastinasi akademik. Temuan ini menegaskan bahwa semakin tinggi tingkat Self-Efficacy dan Grit mahasiswa, maka semakin rendah tingkat prokrastinasi akademik yang mereka alami. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya penguatan keyakinan diri dan ketekunan dalam strategi intervensi pendidikan guna membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhir tepat waktu. Oleh karena itu, perguruan tinggi disarankan mengembangkan program pendampingan psikologis dan pelatihan pengembangan diri yang terfokus pada peningkatan Self-Efficacy dan Grit sebagai upaya preventif terhadap perilaku prokrastinatif.

Keywords


Self-Efficacy, Grit, Academic Procrastination, Thesis, Students

Full Text:

FULL TEXT

References


Aminah, S., & Hidayati, N. (2022a). Pengaruh self-efficacy dan grit terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(2), 110–118.

Aminah, S., & Hidayati, N. (2022b). Pengaruh self-efficacy dan grit terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(2), 110–118.

Arikunto. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The exercise of control (1st ed., Vol. 1). W.H Freeman.

Budianto, A. (2020a). Grit sebagai prediktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 46(3), 180–187.

Budianto, A. (2020b). Grit sebagai prediktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 46(3), 180–187.

Cahyani, D. (2023). Hubungan antara self-efficacy dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa psikologi. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(4), 200–208.

Dewi, R. (2021). Peran self-efficacy dalam mengurangi prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Psikologi, 45(1), 50–57.

Dhika, B., Watulingas, J., & Haryaka, U. (2021). Pengaruh Locus of Control Internal dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 43–50.

Ducworth, & Angela, L. (2016). Grit :The Power Of Passion and Perseverance (1st ed., Vol. 1). NY: Scribber.

Eka, P. (2022). Grit sebagai faktor pendorong penyelesaian skripsi pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(1), 75–82.

Fitria, L. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 44(2), 120–127.

Fitriani, D., & Suryani, E. (2021). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Self-Efficacy dalam Penyesuaian Diri Santri Baru. Dialog: Jurnal Ilmu Dakwah, 41(2), 123–130.

Hastuti, D. (2023). Efikasi diri dan kontrol diri sebagai prediktor prokrastinasi akademik. Jurnal Psikologi, 49(3), 160–168.

Hastuti, D., & Wulandari, S. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Penyesuaian Diri Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(1), 75–82.

Hidayati, N., & Afifah, S. (2020). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kepercayaan Diri terhadap Penyesuaian Diri Santri Baru. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 110–118.

Indriani, M. (2022). Studi tentang pengaruh self-efficacy terhadap prokrastinasi akademik mahasisw. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(3), 130–137.

Khair, & Anindra. (2023). Hubungan kepercayaan diri dengan penyesuaian sosialpada santri di pondok pesantren. Penyesuaian Sosial, 3(6), 8122–8128.

Khusna, L., & Ulya, L. (2024). Peran Role Model dalam Membentuk Perilaku Pro-Lingkungan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 13(3), 339–347.

Kurniawan, D., Akbar, S., & Rusli, R. (2018a). Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Kejenuhan Belajar pada Santri Aliyah Pondok Pesantren Al Falah Putra Banjarbaru. Jurnal Kognisia, 1(1), 48–54.

Kurniawan, D., Akbar, S., & Rusli, R. (2018b). Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Kejenuhan Belajar pada Santri Aliyah Pondok Pesantren Al Falah Putra Banjarbaru. Jurnal Kognisia, 1(1), 48–54.

Lajuna, N. (2024). Pengaruh Teman Sebaya bagi Santri Baru Tsanawiyah dalam Penyesuaian Diri. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 27(1), 15–22.

Luthfia, R., Laily, N., & Sholichah, I. (2021). The effect of academic self-efficacy on academic burnout on engineering students who work. In Journal Universitas Muhammadiyah Gresik Engineering, Social Science, and Health International Conference (UMGESHIC) , 12–26.

Ni’mah, M., Hardjajani, T., & Karyanta, N. (2020). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dan Interaksi Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Sosial Pada Remaja Di SMP Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Wacana Psikologi, 1(1), 85–105.

Panewaty, D., & Indrawati, E. (2020). Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Penyesuaian Sosial pada Siswa dalam Asuhan Nenek di SMP Negeri 1 Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Empati, 7(1), 145–154.

Pranata, D., Fairuzzaman, R., & Hartini, N. (2024). Post-Divorce Family Resilience: Uncovering the Dynamics of Recovery and Strength from a Literature Review Perspective. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 13(2), 90–101.

Pratiwi, L., Laily, N., & Sholichah, I. (2021). The Relationship Between Self Efficacy And Academic Achievement. In Journal Universitas Muhammadiyah Gresik Engineering, Social Science, and Health International Conference (UMGESHIC), 851–855.

Pratiwi, V. (2022a). Self-Efficacy dan Conformity sebagai Prediktor Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 50(3), 123–130.

Pratiwi, V. (2022b). Self-Efficacy dan Conformity sebagai Prediktor Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 50(3), 123–130.

Putrianti, F., & Abdullah, S. (2022). Increase The Productivity of Financial Advisors’ Work Through Persuasive Communication. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 11(1), 169–179.

Sari, R. (2024). The Role of Proactive Personality to Explaining the Effect of Perceived Organizational Support and Empowering Leadership on Employee Voice. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 13(2), 166–173.

Sembiring, M. (2020). Hubungan antara Penyesuaian Sosial dengan Interaksi Teman Sebaya pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling UKSW 2017. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(1), 45–52.

Sidkin, A. (2016). Pengaruh Self-Efficacy dan Self-Regulated Learning terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah, 1(1), 1–13.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukowati, A. (2021). Hubungan antara Self-Efficacy dan Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(1), 45–52.

Supriyantini, E., & Nufus, H. (2018a). Self-Efficacy Berpengaruh Negatif terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik. Jurnal Psikologi Universitas Sumatera Utara, 6(1), 15–22.

Supriyantini, E., & Nufus, H. (2018b). Self-efficacy berpengaruh negatif terhadap perilaku prokrastinasi akademik. Jurnal Psikologi Universitas Sumatera Utara, 6(1), 15–22.

Suryani, E., & Fitriani, D. (2021). Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri. Jurnal Psikologi Sosial, 15(3), 200–207.

Tionardi, E. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial pada Mahasiswa Baru yang Berasal dari Luar Kota Surabaya. CALYPTRA, 7(2), 3725–3738.

Tuaputimain, T. (2021a). Self-Efficacy sebagai Faktor Internal Prokrastinasi Akademik. Jurnal Psikologi, 48(4), 200–207.

Tuaputimain, T. (2021b). Self-efficacy sebagai faktor internal prokrastinasi akademik. Jurnal Psikologi, 48(4), 200–207.

Vivekananda, N. (2018). Studi Deskriptif mengenai Grit pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha Bandung. Humanitas Jurnal Psikologi, 1(3), 183–196.

Wahyuni, S. (2020a). Peran Grit dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(3), 150–157.

Wahyuni, S. (2020b). Peran grit dalam mengatasi prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(3), 150–157.

Yuliana, E. (2023a). Stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring selama masa pandemi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 12(1), 45–53.

Yuliana, E. (2023b). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 12(1), 45–53.

Zahra, N. (2021). Peran Self-Efficacy dan Grit terhadap Prokrastinasi Akademik dalam Penulisan Skripsi. Jurnal Psikologi, 47(2), 100–108.

Zannah, M. (2019). Hubungan Self Efficacy Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik [Fakultas Psikologi]. Universitas Muhammadiyah Gresik.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v14i2.19365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Cica Mustika, Nadhirotul Laily

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id