The Effectiveness of Reading using the Fernald Method for Mentally Retarded Children
Abstract
Membaca merupakan keterampilan esensial yang berperan sebagai pintu gerbang pengetahuan. Namun, tidak semua peserta didik memiliki kapasitas yang sama dalam menguasainya, terutama siswa dengan retardasi mental yang mengalami keterbatasan dalam intelegensi, memori, dan konsentrasi. Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas metode Fernald dalam pembelajaran membaca bagi siswa dengan hambatan intelektual. Subjek penelitian adalah siswa kelas tiga SD yang mengalami kesulitan dalam membaca awal. Menggunakan pendekatan eksperimen subjek tunggal dan analisis grafis melalui skor pretest dan posttest, data dikumpulkan dengan instrumen WISC. Hasil menunjukkan adanya peningkatan kompetensi membaca setelah enam sesi penerapan metode Fernald, yang menegaskan potensi metode ini dalam mendukung perkembangan literasi pada anak berkebutuhan khusus. Tes informal disusun berdasarkan kurikulum sekolah Abdurahman (2012).
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Abdurrahman. (2012). Anak kesulitan Belajar. Rineka Cipta.
Claranita, R. P., Suprapti, V., Studi Magister Profesi Psikologi, P., & Psikologi, F. (2022). Metode Fernald untuk Siswa Lamban Belajar, Apakah Dapat Meningkatkan Kemampuan Membacanya? Riskya Prima Claranita. Desember, 11(4), 551–560. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v11i4
DIAGNOSTIC AND STATISTICAL MANUAL OF MENTAL DISORDERS FIFTH EDITION TEXT REVISION. (t.t.).
Falzon, R., Calleja, C., & Muscat, C. (2011). Structured multisensory techniques in reading and learning patterns - some considerations. Universitas Tarraconensis. Revista de Ciències de l’Educació, 1(2), 51. https://doi.org/10.17345/ute.2011.2.614
firman, firman, Hermawan Heri, Hilda Hafid, & Walhidayah Walhidyah. (2021). VAKT Method in EFL Teaching Process: Does it improve the Student’s Reading Comprehension.
Firman, F., Hermawan, H., Hafid, H., & Walhidayah, W. (2021). VAKT Method in EFLTeaching Process: Does it improve the Students’ Reading Comprehension? Corresponding Email Article’s History VAKT Method in EFLTeaching Process: Does it Improve the Students’ Reading Comprehension? Ethical Lingua, 8(2), 2021. https://doi.org/10.30605/25409190.318
Jayanti, N. T., & Pratisti, W. D. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG ANAK TUNAGRAHITA DENGAN METODE VAKT (VISUAL, AUDIO, KINESTETIK, DAN TAKTIL). Jurnal Muara Pendidikan, 8(1).
Jennings, J. H., Caldwell, J. S., & Lerner, J. W. (2014). Reading problems Assesment and teaching strategies. Pearson.
Kumara. (2014). Kesulitan Berbahasa pada Anak: Deteksi dan Penangananya. Kasinus.
Mangunsong. (2009). Psikologi Anak berkebutuhan Khusus. LPSP UI.
Mustofa, M. A., & Mukhoyyaroh, T. (2020). Efektivitas Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Memulai Membaca pada Anak Tuna Grahita Ringan. JIP.
Nurfatihah, S., & Octa Hidayanti, P. (2024). Analisis kesulitan membaca siswa kelas II di SDIP YLPI Pekanbaru. Featured Research 143 SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 9(1), 143–152. https://doi.org/10.23916/084536011
Prasetyaningrum, S., & Faradila, A. (2019). Application of VAKT Methods (Visual, Auditory, Kinestetic, and Tactile) to Improve The Ability Reading for Mild Mental Retardation.
Prima Claranita, R., Suprapti, V., Studi Magister Profesi Psikologi, P., & Psikologi, F. (t.t.). Metode Fernald untuk Siswa Lamban Belajar, Apakah Dapat Meningkatkan Kemampuan Membacanya? Riskya Prima Claranita. Desember, 11(4), 551–560. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v11i4
Rosenberg, L. (2015). The Effects of Multisensory, Explicit, and Systematic Instructional Practices on Elementary School Students with Learning Impairments in Encoding and Oral Reading. Boston: Northeastern University.
Sattler, J. M. (2002). Assessment of children: Behavioral and clinical applications. Jerome M Sattler Publisher.
Smith, J. D. (2012). Single-case experimental designs: A systematic review of published research and current standards. Psychological Methods, 17(4), 510–550. https://doi.org/10.1037/a0029312
Sunanih. (2017). KEMAMPUAN MEMBACA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH BAGIAN DARI PENGEMBANGAN BAHASA. https://www.parentingclub.co.id/smart-
Susanto, E., & Sri Nugraheni, A. (2015). MUALLIMUNA : JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH METODE VAKT SOLUSI UNTUK KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK HIPERAKTIF. Terbit sejak, 6(1), 9–16. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna
Syalviana, E., Tinggi, S., Islam, A., & Sorong, N. (t.t.). AL-MAIYYAH Media Transformasi Gender dalam Paradigma Sosial Keagamaan Metode Multisensori Sebagai Penanganan Kesulitan Membaca Siswa Retardasi Mental.
Widiamoksa, G., & Supratiwi, M. (2019). The Influence of Fernald Method to Increase Early Writing Skill of Students with Intellectual Disability in Grade II of SLB Panca Bakti Mulia. Dalam Indonesian Journal of Disability Studies (IJDS) (Vol. 6, Nomor 1). http://IJDS.ub.ac.id
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v14i2.17236
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Brilliandani Kirara Putri, Endah Mastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id